Ekonomi & Bisnis

Stok Komoditas Pangan di Jateng Aman Hingga Tiga Bulan ke Depan

Ekonomi & Bisnis

17 Mei 2018 02:10 WIB

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko (kanan), Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono (dua dari kanan), bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan satgas pangan melepas 20 truk boks berisi komoditas pangan di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (16/5/2018). (Dok Humas Jateng)

SEMARANG, solotrust.com – Stok komoditas pangan di Jawa Tengah dipastikan aman hingga tiga bulan ke depan. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari saat ikut melepas 20 truk boks berisi komoditas pangan di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (16/5/2018).

Memasuki Ramadan dan jelang Lebaran, pasokan komoditas pangan seperti beras, gula, minyak goreng, dan tepung masih tercukup. Dia mengurai, pasokan beras sebanyak 65 ribu ton, gula 34 ribu ton, minyak goreng 500 ribu liter, dan tepung terigu 250 ribu ton.



“Alhamdulillah stok kita cukup. Beras kita masih ada 65 ribu ton dan pengadaan masih jalan terus,” jelasnya.

Pihaknya pun menjamin hingga tiga bulan ke depan pasokan masih aman. Meski permintaan rata-rata meningkat, namun hal itu sudah diantisipasi.

“Saya kira tiga bulan ke depan (stok) masih ada. Gula kita punya 34 ribu ton, minyak goreng 500 ribu liter, tepung terigu 250 ribu ton. Permintaan itu meningkatnya rata-rata naik lima persen dari kebutuhan normal,” terangnya.

Mulai hari ini, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan satgas pangan menggelar Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan (GSHP)” dalam rangka Ramadan dan Idul Fitri 1439 H/2018.

Operasi pasar itu digelar serentak hingga H+7 Lebaran di seluruh Jateng, di 19 pasar dan melibatkan 284 pedagang serta 188 rumah pangan kita (RPK).

(way)