Serba serbi

ARMY Berteori Tentang ‘Anpanman’ Yang Dimaksud BTS dalam Album ‘Love Yourself

Musik & Film

15 Mei 2018 15:11 WIB

dok/net.

Solotrust.com – Tiga hari lagi BTS akan resmi merilis album terbaru mereka ‘Love Yourself: Tear’. Daftar lagupun sudah mereka ungkap Senin (14/4/2018) lalu. Dari 11 judul yang ada, salah satu judul yang memantik rasa keingintahuan ARMY (sebutan fans BTS) adalah ‘Anpanman’. Berada di urutan ke-9, lagu ini diketahui berdurasi 3:54 detik.

Setidaknya, sudah ada 2 teori yang ramai diperbincangkan kalangan penggemar terkait judul ‘Anpanman’. Ya, BTS memang grup yang seringkali menciptakan lagu dengan konteks-konteks tertentu yang biasanya terinspirasi dari hal-hal nyata yang pernah ada.



Misalnya lagu ‘Whalien52’ dari album ‘The Most Beautiful Moment in Life Pt.2’ yang terinspirasi dari seekor paus dari spesies yang belum diidentifikasi yang bersuara dengan frekuensi yang sangat tak normal, yakni pada 52 hertz. Suara ini sangat lebih tinggi dari frekuensi yang biasanya dimiliki paus pada umumnya sehingga iapun terasing dan dijuluki ‘paus paling kesepian di dunia’.

Terkait dengan judul ‘Anpanman’, ada penggemar yang mengaitkannya dengan anime Jepang yang berjudul sama. Di Indonesia sendiri, ‘Anpanman’ adalah anime yang cukup terkenal untuk para generasi 90-an, mengingat anime ini pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta Indonesia. Anpanman sendiri adalah karakter superhero anak-anak yang digambarkan wajahnya terbuat dari roti isi kacang.

Diciptakan pada tahun 1973, Anpanman dimulai sebagai sebuah serial buku bergambar yang diciptakan oleh Takashi Yanase. Serial ini berlanjut sampai tahun 2013 setelah penulisnya meninggal. Kendati demikian, Anpanman tetap hidup sebagai anime. Animenya pertama kali ditayangkan pada Maret 1979 sebelum diadaptasi lagi pada Oktober 1988. Telah memiliki lebih dari 1.300 episode, Anpanman menjadi salah satu judul anime Jepang terpanjang hingga saat ini. Anpanman juga menjadi ikon budaya berkat status klasiknya dan One Punch Man pun terinspirasi oleh Anpanman.

Selain dari sisi kemiripan judul, penggemar yang membaca lirik OST dari Anpanman juga merasa lirik tersebut terkait dengan gaya lirik BTS. Ya, BTS biasanya memang mengusung lirik-lirik yang dalam, terutama terkait tentang mencari makna kehidupan.

Apa kebahagiaanmu? Apa yang kamu lakukan untuk bisa bahagia? Aku tidak ingin mengakhiri hidupku tanpa tahu hal itu~ #anpanman. Lagu ini terdengar sangat bahagia namun punya lirik yang begitu dalam @BTS_tweet #LoveYouselfTear_D4, “ begitu cuit akun @JayLeeYao yang disambut cuitan lain dari akun @BtsFamLove bahwa dia benar-benar terkejut tentang lirik Anpanman yang mengingatkannya dengan banyak sisi gelap dari album BTS yang terbaru yang dikabarkan akan bernuansa gelap ini.

Teori lain yang ramai dibicarakan penggemar adalah Anpanman yang berkaitan dengan tata surya, mengingat MV sebelumnya yakni DNA juga erat divisualkan dengan hal yang berbau luar angkasa.

Ya, Anpanman diketahui juga merupakan nama asteroid yang ditemukan Jepang tahun 1997. Akimasa Nakamura memberikan nama tersebut karena terinspirasi dari karakter Anpanman.

aku sangat yakin bahwa Anpanman berkaitan dengan asteroid, bukan pertunjukan anak di Jepang jika kita melihat referensi yang berkaitan dengan astrologi yang mereka buat selama ini,” cuit akun @real_Blena.

Selain itu, ditemukannya Anpanman pada tahun 1997 juga banyak dikaitkan dengan salah satu anggota BTS, yakni JungKook yang juga lahir pada tahun 1997, seperti yang dicuitkan akun @ACHIE28083325 yakni “Anpanman adalah sebuah asteroid yang ditemukan pada 1997 dan JungKook lahir pada tahun 1997, aku suka teori ini”.

Itulah dua teori yang ramai dibicarakan kalangan fans terkait ‘Anpanman’. Apa yang BTS maksud dalam lagu ‘Anpanman’ ini? Kita tunggu saja rilis resminya 18 Mei mendatang!  (Lin)

(wd)