Serba serbi

Awas, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ponselmu Meledak!

Tips & Trik

13 Mei 2018 05:19 WIB

Pengisian daya ponsel (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Kasus ponsel meledak kerapkali terjadi. Penyebabnyapun cukup beragam, mulai dari hal-hal sepele sampai kebiasaan penggunanya yang salah.

Nah, bicara soal penggunaan ponsel, ada baiknya kamu lebih berhati-hati dan bijaksana ya Solotrusters. Hindari beberapa kebiasaan salah yang bisa memicu ledakan. Melansir teknonetwork.com, Sabtu (12/05/2018), berikut ini lima hal keliru penyebab ponsel meledak.



1. Bermain ponsel saat mengisi daya

Para ahli dan produsen pun menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat mengisi daya. Pengisian daya membuat suhu panas meningkat ditambah lagi jika kamu menggunakan ponselnya, maka suhu panas akan semakin tinggi. Itulah yang bisa memicu ledakan.

2. Kepala charger tidak original

Saat memroduksi ponsel, semua perangkatnya tentu memiliki keterkaitan dan standar penggunaan sudah disesuaikan. Nah, termasuk pada charger. Jika kamu menggunakan charger palsu, bisa saja menimbulkan masalah besar karena komponennya tidak sesuai.

3. Charger tablet untuk ponsel

Tablet lebih besar daripada ponsel. Hal ini tentu saja berpengaruh pada besarnya pengisian kapasitas daya baterai dan besarnya arus listrik. Arus dari charger tablet jelas lebih besar ketimbang ponsel atau smartphone. Ini akan menyebabkan pengisian daya tidak seimbang dan memicu panas berlebihan, sehingga bisa saja meledak.

4. Tegangan listrik tidak stabil

Ketika memasukkan kepala charger pada stop kontak, pernahkah kamu melihat percikan api? Ini adalah bukti tegangan listrik sedang tidak stabil. Jika tidak stabil, bisa saja memicu percikan lebih besar dan mengakibatkan ledakan.

5. Mengisi daya terlalu lama

Hal ini juga selalu menjadi kebiasaan. Mengisi daya mulai malam sampai pagi. Hentikan kebiasaan ini ya guys. Bila terlalu lama, komponen dalam ponsel akan memutus arus secara otomatis. Jika hal itu tidak berjalan baik, ledakan bisa terjadi.

Itulah beberapa pemicu ledakan pada ponsel. So, mulai sekarang hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut ya Solotrusters!

(and)