Jumat , 16 April 2021

Selamat UlangTahun Ke-22 Sheila On7!

7 Mei 2018 22:13 WIB


Sheila On 7 (dok. instagram @sheilaon7)


Solotrust.com – Dibentuk pada 6 Mei 1996 di Yogyakarta, tahun ini Sheila On 7 (SO7) genap berusia 22 tahun. Melalui akun instagram resminya, band yang digawangi Duta (vokal), Eross (gitar), Adam (bass) dan Brian (drum) ini mengucapkan terimakasih kepada para Sheila Gank yang telah membersamai mereka hingga hari ini.



Sheila On 7 - 22nd Anniversary, terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan musik kami hingga hari ini. Jalan terus!! #22ndSheilaon7 #sheilaon7#sheilaon7day #sheilagank,” tulis @sheilaon7 dengan mengunggah gambar keempat personilnya.

Seperti dilansir dari laman resmi Sheila On 7, band tersebut awalnya berasal dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama “W.H.Y Gank”. Ia kemudian mengajak Duta ikut latihan band mereka untuk menjadi vokalis. Duta dipilih berbekal cerita Adam bahwa Adam dan Duta merupakan langganan pengisi acara 17 Agustus-an di komplek perumahan mereka, Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

Berbicara mengenai “W.H.Y Gank”, saat itu Adam dan Sakti masih sering bertukar posisi sebagai bassist dan guitarist tergantung dari lagu yang mereka bawakan. Kendati demikian, band yang beranggotakan Adam, Sakti, Duta, dan seorang drummer bernama Agung ini belum sempat mencicipi panggung musik. Mereka baru sebatas latihan di studio, meng-cover version lagu band-band ternama dan ikut audisi/seleksi untuk bisa tampil di sebuah acara.

Setahun berselang yakni setelah “W.H.Y Gank” sempat vakum selama beberapa waktu, berkenalanlah mereka dengan Eross (yang nantinya menjadi lead guitar mereka). Mereka berempat kemudian memutuskan untuk memulai sebuah band baru. Kemudian, bertemulah mereka dengan Anton sang pemain drum yang dikenalkan oleh Eross pada saat latihan pertama band ini di studio. Setelah latihan pertama selesai inilah mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama “Sheilagank” dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir mereka.

“Sheilagank” sempat malang melintang di pensi-pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY selama kurang lebih 2 tahun, hingga pertengahan tahun 1998 akhirnya mereka mendapatkan “kontrak rekaman” pertama mereka dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Mereka kemudian merubah nama band mereka menjadi “Sheila On 7”. Nama “Sheilagank” kemudian digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka.

“Sheila” sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta. Alkisah, saat pertama Adam dan Eross berkenalan dulu, Adam memanggil Eross dengan panggilan “temannya Sheila ya ?!”, dan Eross pun menjawab “kamu temannya Sheila juga ya ?!”, sehingga nama tersebut seringkali disebut dalam perbincangan mereka. Sedangkan “On 7” maksudnya adalah “pada 7 nada yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si”. Sehingga nama “Sheila On 7” kira-kira artinya adalah teman-temannya “Sheila” yang memainkan 7 nada/memainkan musik.

Sheila On 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi, diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik sebanyak lebih dari satu juta kopi dalam tiga album berturut-turut. Mereka juga memiliki pendengar-pendengar setia di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Namun di tahun 2004, mereka harus berpisah dengan Anton (drummer) dikarenakan perbedaan visi. Saat itu kemudian Brian masuk sebagai additional player mengisi posisi drummer yang ditinggalkan Anton. Brian tampil bersama Sheila On 7 di berbagai tour untuk promo album ‘Pejantan Tangguh’. Album The Very Best of Sheila On 7 (2005) menjadi karir rekaman studio pertama Brian bersama Sheila On 7 sebagai additional player.

Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti karena ia mengundurkan diri di tengah-tengah proses rekaman album “507”. Namun pada saat proses rekaman album “507” itu pulalah Sheila On 7 akhirnya mengangkat Brian menjadi drummer tetap Sheila On 7 hingga sekarang.

Berada di label Sony Music Entertainment Indonesia dari 1999 hingga2014, Sheila On 7 akhirnya merilis karya perdananya berupa single terbaru di label indie mereka, 507 Records. Berjudul ‘Film Favorit’, single tersebut mereka promosikan sendiri melalui radio-radio di Indonesia.

Tahun ini, band yang pernah mendapatkan sederet penghargaan seperti AMI Award 1999 dalam kategori Lagu Pop Terbaik melalui lagu ‘Dan’ dan AMI Award 2004 dalam kategori Album Terbaik melalui album ‘Pejantan Tangguh’ ini kembali mengukuhkan namanya sebagai Band Of The Year dalam ajang  Indonesian Choice Award (ICA). Tak hanya itu, ‘Film Favorit’ juga berhasil menjadi Song Of The Year di tahun ini.

Dengan kemenangan ini, Sheila On 7 berhasil mengulang sejarah dalam ajang Indonesian Choice Awards dimana tahun 2015 yang lalu mereka juga menang dalam kategori Band Of The Year dan Song Of The Year dengan lagu ‘Lapang Dada’.

Menapaki usianya yang ke-22 ini, para fans pun ramai memberikan selamat pada band dengan hits seperti ‘Melompat Lebih Tinggi’ dan ‘Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki’ ini.

Happy 22nd anniversary bapak2 keceh semoga selalu jd panutan bagi kami bs terus mendampingi kami dengan lagu2mu dari kecil sampai kami lanjut usia nanti, keep up strong mas!,” tulis @hernidutaefendi.

jalan terus warnai hidup kami dengan karya kalian.. dr awak kalian hadir dgn singgle KITA saya selalu kagumi karya kalian hingga saat ini FILM FAVORITE MU semua karyay di buat dengan kejujuran semoga #sheilagank makin bertmbah tnp pandang usia #22sheilaon,” tulis @dyon_wibowo.

Selamat ultahnya yg ke 22. Saya berdoa agar Sheila On 7 jadi band ter legend di indonesia band yg gak ada matinya,” tulis @soebandono_79.

Ga nyangka , dari kelas 5 SD smpe skrg . Masih igt lagu pertama yg ane dgr BUAT AKU TERSENYUM smpe skrg malah mengidolakan berat berat berat lah sma om," ini. Hihi.,” tulis @fadhillfadhlan.

tidak terasa 22 tahun tp saya masih menyanyikan album pertama@sheilaon7,” tulis @abie_satriani.

selamat bertambah umur ya @sheilaon7 jalan terus berkarya untuk musik Indonesia #22ndSheilaOn7,” tulis @rickysamuel. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com