Serba serbi

YouTube Hapus Video Jasa Contekan untuk Siswa

Teknologi

7 Mei 2018 20:17 WIB

Ilustrasi YouTube (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Ratusan saluran YouTube telah dihapus videonya dari situs media sosial itu, setelah merebaknya promosi layanan penulisan esai sebagai cara bagi siswa melakukan kecurangan di sekolah.

Pekan lalu, BBC mempublikasikan penyelidikan yang menemukan lebih dari 250 saluran telah memromosikan perusahaan jasa esai asal Ukrania, EduBirdie. Perusahaan ini membantu siswa membeli esai sudah jadi tanpa perlu mengerjakannya sendiri. BBC menemukan video yang menawarkan cara mudah dan murah ‘membantu’ siswa mengatasi pendidikannya telah ditonton lebih dari 700 juta kali.



Setelah penyelidikan BBC, YouTube berkomitmen akan menghapus video yang tidak sesuai dengan kebijakannya. Para pembuat konten dapat menyertakan iklan berbayar di video mereka, tentunya jika promosi ditawarkan sesuai kebijakan YouTube.

Sementara EduBirdie dalam sebuah pernyataan kepada BBC lewat perusahaan induknya, Boosta mengatakan mereka memberi kebebasan penuh influencer mengiklankan layanannya.

Influencer diberi kebebasan total pada bagaimana mereka menyampaikan platform EduBirdie kepada audiens dengan cara yang mereka rasa paling relevan untuk para viewer," dilansir dari The Verge, Senin (07/05/2018).

Pihak perusahaan membantu mengiklankan jasa penulisan esai di saluran YouTube yang memiliki banyak pengikut pelajar dan mahasiswa. Layanan ditawarkan ke berbagai jurusan atau mata pelajaran. Mereka pun mengklaim mampu mengikuti aturan sesuai prosedur penulisan kampus, serta menjamin tulisannya bebas dari plagiarisme.

Menurut laporan The Verge, dalam dasawarsa terakhir, industri yang mengarah pada jasa pembuatan tugas oleh ‘calo penulisan ilmiah’ mulai marak. Jasa ini memungkinkan siswa sekolah, mahasiswa perguruan tinggi maupun mahasiswa pascasarjana membelinya dengan murah untuk membantu kelulusan.

Pada 2010, Chronicle of Higher Education menerbitkan laporan tentang ‘penulis bayangan’ Ed Dante (Dave Tomar). Dave mengaku telah membantu menulis ribuan halaman kerja akademis untuk siswa, difasilitasi sebuah situs seperti EduBirdie. 

(and)