Ekonomi & Bisnis

Tingkatkan Promosi Mebel, Rumah Kriya Banjarsari Solo Resmi Dibuka

Ekonomi & Bisnis

5 Mei 2018 07:05 WIB

Pembukaan Rumah Kriya Banjarsari Solo pada Jumat (4/5/2018) diharap dongkrak ekspor dan pasar lokal. (solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Rumah Kriya Banjarsari Solo telah diresmikan Jumat (4/5/2018) sebagai sarana promosi bagi pelaku industri mebel dan kerajinan kayu.

Direktur Industri Kecil dan Menengah (IKM), Barang, Pangan dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian, Sudarto mengatakan sarana tersebut diharap dapat menjadi model pengembangan bisnis bagi pelaku IKM nasional.



“Kehadiran dari Rumah Kriya Banjarsari ini merupakan bentuk dari sinergisitas antara Kementrian Perindustrian, Pemerintah Provinsi, Pemda Solo Raya dan para pelaku usaha,” ujarnya pada media, Jumat (4/5).

Untuk meningkatkan promosi dan pengembangan bisnis para pelaku IKM di Soloraya, Kemenperin menggandeng Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Soloraya (KIMKAS). Para pelaku usaha yang ingin memanfaatkan sarana ini dihimbau bergabung dengan Kimkas.

Adanya Rumah Kriya Banjarsari ini diharap meningkatkan ekspor dan meningkatkan pasar domestik, untuk memenuhi kebutuhan perorangan, instansi dan pemerintah. Para pelaku usaha di KIMKAS akan didorong mendaftarkan produknya di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah, Arif Sambodo mengatakan Rumah Kriya Banjarsari tersebut berlokasi di bangunan aset Pemprov yang selama ini kosong. Setelah ijin keluar, dapat memanfaatkan untuk pengembangan dan pembinaan para pelaku industri mebel dan kerajinan kayu di Jawa Tengah. (Rum)

()