Rabu , 16 Oktober 2019

Keren! Indonesia Sabet 4 Medali Emas Kompetisi RoboGames 2018 di Amerika Serikat

4 Mei 2018 02:11 WIB


Staf KJRI San Francisco, Sapto A Broto ​bersama para juara dari Indonesia dalam ajang RoboGames 2018 di California, Amerika Serikat (Dok KJRI San Francisco)

CALIFORNIA, solotrust.com – Kabar membanggakan datang lagi dari putra putri Indonesia. Kali ini dalam bidang robotika. Indonesia yang diwakili oleh Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung baru saja berpartisipasi dalam Kompetisi RoboGames 2018 di Alameda County Fair, Pleasanton, California, Amerika Serikat pada 27 hingga 29 April 2018. Dalam ajang tersebut, tim UNIKOM berhasil menyabet empat medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu.

Tim Indonesia berhasil mendapatkan medali emas pada kategori Table Top Navigation, Ribbon Climber, Fire Fighting, dan Walker. Untuk raihan perak, Indonesia berhasil mendapatkannya melalui kategori Ribbon Climber, dan untuk perunggu melalui kategori Robo Magellan dan Photovore.



Dilansir dari laman berita perwakilan KJRI San Francisco hari ini, Kamis (3/5/2018), Tim UNIKOM terdiri dari lima orang yaitu Rodi Hartono (Ketua Tim dan Dosen Pembina), Taufiq Nuzwir Nizar (Dosen Pembina), Gyan Aditiya Firdaus (Mahasiswa), Imam Robani (Mahasiswa), dan Feki Pangestu Wijaya (Mahasiswa).

Tahun ini, Tim UNIKOM mengikuti tujuh kategori dari 40 kategori yang dipertandingkan. Tim UNIKOM Bandung sendiri telah aktif mengikuti Kompetisi RoboGames ini sejak tahun 2010.

Kompetisi RoboGames atau yang juga dikenal sebagai RobOlympics ini merupakan “Olympics of Robots" atau “Olimpiade Robot”. Kompetisi ini diikuti oleh ahli-ahli robot baik dari kalangan individu maupun akademisi/institusi pendidikan dari berbagai negara di dunia.

Baca juga : Tim Robotik SD Firdaus Solo Borong Medali di Jepang

RoboGames rutin diselenggarakan setiap tahun dan diikuti sekitar 25 negara dan terdapat 40 kategori yang dikompetisikan. Selain Indonesia, negara yang secara aktif berpartisapasi adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Korea Selatan, Cina, Kanada, Australia, Italia, Meksiko, Brazil, Mesir, Polandia, dan lainnya.

Keberhasilan Tim Indonesia yang diwakili UNIKOM Bandung dalam RoboGames 2018 ini menunjukkan bahwa kemampuan Indonesia dalam mengembangkan robot tidak kalah dengan negara lain. Bahkan, dalam beberapa kategori Indonesia jauh lebih unggul dibandingkan beberapa negara lain seperti Amerika Serikat dan Jerman. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com