Hard News

Fadli Zon: Lapangan Kerja Dikuasai Buruh Asing

Hard News

29 April 2018 22:34 WIB

Ilustrasi buruh asing (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Tenaga Kerja Asing (TKA), mengingat selama ini lapangan kerja di Indonesia sudah banyak dikuasai buruh asing. Ia pun menggalang dukungan untuk bisa membentuk Pansus TKA, menyusul diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan TKA.

“Menurut saya, apa yang selama ini sedang terjadi merupakan suatu kesalahan dalam melihat situasi. Situasi ketika kita membutuhkan pekerjaan, tetapi pemerintah malah memberikan pekerjaan itu pada buruh asing. Jadi memperkaya buruh asing,” paparnya usai menerima Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, pekan ini, dilansir dari laman resmi DPR, dpr.go.id.



Politisi Partai Gerindra itu berpendapat buruh asing yang masuk Indonesia tidak mempunyai data dan tak terverifikasi pihak terkait, sehingga berpotensi menganggu aspek ekonomi, politik dan keamanan.

“Dari sisi ekonominya, tentu merebut jatah pekerja kita yang sedang susah cari kerja. Dari politiknya, ini juga bisa merubah suatu konfigurasi tertentu dan mereka bisa menyalahgunakan ini untuk kepentingan yang lain. Dari keamanannya, mereka bisa masuk ke Bandara Halim Perdanakusuma dan menggali-gali informasi di instansi militer untuk kereta cepat tanpa ada izin. Jadi ini seperti negara tanpa tuan,” ujarnya.

(and)