Senin , 26 Agustus 2019

Ini Tips agar Kuota Data Internet Kamu Tidak Boros

25 April 2018 22:06 WIB


Ilustrasi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Paket data internet pastinya sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi kamu semua pengguna smartphone. Yup, dengan paket data kita bisa mengakses seluruh layanan internet tanpa harus bergantung sinyal Wi-Fi.

Masalahnya, satu hal kerap dikeluhkan di antara kita paket data dimiliki cepat sekali habis, apalagi bagi kamu yang menikmati layanan internet cepat 4G. Padahal sekali beli pulsa paket data saja, biayanya lumayan berat di kantong. Lalu, gimana cara bikin agar paket data internetmu nggak cepat habis?



Melansir teknonetwork.com, Rabu (25/04/2018), berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar kuota data internet kamu tidak boros.

1. Batasi jumlah aplikasi yang kamu gunakan tiap hari

Kerapkali tanpa disadari aplikasi online yang kamu gunakan setiap hari memakan kuota internet lebih besar dari perkiraan. Kalau sudah begitu, ada baiknya kamu memilah-milah aplikasi penting mana dapat dinyalakan setiap saat dan matikan aplikasi-aplikasi lain yang tak terlalu penting. Misalnya antara aplikasi YouTube dan Gmail, selalu prioritaskan akun email kamu, terutama jika dari sanalah kamu menerima dokumen untuk urusan pekerjaan.

2. Seleksi aplikasi yang menyedot banyak kuota

Cara lainnya, yakni dengan menyeleksi dan uninstall aplikasi-aplikasi smartphone menyedot terlalu banyak kuota internet. Gimana cara mengetahui aplikasi mana saja menyedot kuota internet? Caranya simple. Kamu cukup membuka menu Settings, lalu Data Usage.

Di situ kamu bisa melihat berbagai macam aplikasi ter-install dalam smartphone, sekaligus total data internet yang mereka habiskan. Cukup pilih aplikasi-aplikasi mana saja yang menyedot data internet paling banyak. Jika kebetulan aplikasi seperti Instagram, Facebook, WhatsApp atau social app lainnya menyedot data paling banyak, paling tidak batasi jumlah aplikasi itu menjadi satu atau dua saja.

3. Hindari mengunduh video

Kamu mungkin tergoda mengunduh video langsung dari YouTube ke dalam smartphone agar bisa menonton video favorit kapanpun. Sayangnya, mengunduh video melalui smartphone membutuhkan kuota internet sangat besar lho. So, Jangan heran jika kuota internet sebenarnya bisa kamu pakai hingga akhir bulan hanya bertahan dalam waktu beberapa hari saja.

4. Hindari penggunaan personal hotspot

Personal hotspot atau tethering sesekali memang tidak masalah, apalagi jika dalam keadaan urgent (misalnya Wi-Fi kamu mati, sedangkan saat itu butuh mengirimkan file dokumen melalui email secepat mungkin), tapi jika terlalu banyak menggunakan fitur ini jangan heran jika paket internet kamu jadi gampang habis. Untuk laptop atau PC, ada baiknya kamu menggunakan fasilitas Wi-Fi yang tersedia hampir di manapun.

Semoga tips hemat kuota internet di atas bisa membantumu ya Solotrusters.

(and)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com