Hard News

Panglima TNI Resmikan 4 Pesawat Koleksi Museum Dirgantara

Hard News

25 April 2018 09:34 WIB

Hercules C-130, salah satu koleksi terbaru museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta. (solotrust.com/adam)

YOGYAKARTA, solotrust.com- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meresmikan 4 pesawat koleksi baru museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta. Penambahan koleksi pesawat ini diharapkan dapat menjadi wahana edukasi rekreasi dan inspirasi generasi penerus.

Empat koleksi baru museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta ini diantaranya adalah pesawat Hercules C-130, Fokker 27 TS / Yusin Ii-14 Avia dan F-4 Hawker Hunter. Keempatnya diresmikan langsung oleh Panglima TNI di museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, di kawasan Lanud Adisucipto, selasa (24/4/2018) sore.



Hercules C-130 merupakan Herky seri B pertama yang dimiliki Indonesia, Fokker 27 TS merupakan pesawat angkut pengganti C 47 Dakota, Ilyusin II-14 Avia merupakan pesawat angkut taktis dan F-4 Hawker adalah pesawat tempur milik Belanda yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia saat masa Trikora di Irian Barat.

Selain meresmikan empat pesawat koleksi museum, Panglima TNI juga meresmikan Museum Enginer Ahmad Imanullah. Museum ini menyimpan 36 mesin pesawat berbagai jenis, seperti mesin pesawat latih, helicopter, pesawat angkut dan pesawat tempur.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, adanya penambahan koleksi pesawat dan Museum Engine ini diharapkan dapat menjadi wahana visualisasi yang dapat digunakan sebagai saran edukasi, rekreasi serta inspirasi generasi penerus.

“Sebagai tempat edukasi dan tentunya juga untuk rekreasi supaya generasi penerus juga memahami bahwa Indonesia dulu pernah menjadi angkatan udara terbesar di Asia Tenggara.” Tutur Marsekal Hadi Tjahjanto. (adam)

(wd)