Sabtu , 14 Desember 2019

Perbaikan Jembatan Bibis Dilakukan Bertahap, Ini Alasannya

24 April 2018 12:21 WIB


Sebuah kendaraan melintas di Jembatan Bibis atau yang dikenal dengan Kreteg Abang. (doc/solotrust.com)

SOLO, solotrust.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta tengah menyiapkan perbaikan Jembatan Bibis (Kreteg Abang). Rencananya perbaikan jembatan itu akan dilakukan secara bertahap. Hal ini disebabkan terbatasnya anggaran untuk menuntaskan perbaikan jembatan penghubung Kampung Bibis Baru dengan Bibis Wetan itu pada tahun ini.

“Kalau berdasarkan penghitungan konsultan perencana, dibutuhkan anggaran sekitar Rp 19 miliar untuk membangun kembali jembatan itu. Tapi saat ini baru tersedia anggaran Rp 10 miliar,” ungkap Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta Joko Supriyanto, Selasa (24/4/2018).



Baca juga: Dibangun Juni, Jembatan Bibis Bakal Diperlebar 

Sebagaimana diketahui, jembatan yang berada di Jalan MW Maramis itu sudah melengkung dan terus bergeser sejak pertengahan 2017. Jika jembatan tak kunjung diperbaiki, dikhawatirkan dapat menimbulkan persoalan yang lebih parah. Untuk itu, Pemkot telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 10 miliar untuk merealisasikan proyek tersebut.

"Kalau dari anggaran itu baru mencukupi untuk pembangunan konstruksi bagian bawah jembatan. Seperti abutmen dan pondasi," kata Joko.

Joko mengatakan tambahan anggaran sekitar Rp 9 miliar itu akan dialokasikan untuk penuntasan pembangunan jembatan. Khususnya di bagian atas jembatan, misalnya pengaspalan badan jembatan serta pemasangan girder. Rencananya pembangunan konstruksi atas jembatan itu akan dikerjakan pada tahun 2019. (vin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com