Serba serbi

Perjalanan Joan Berhenti di Babak 3 Besar Indonesian Idol

Musik & Film

10 April 2018 11:45 WIB

dok @indonesianidolid.

Solotrust.com –  Berlokasi di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakart Barat, Senin (9/4/2018), malam Spektakuler Show Road to Grand Final menjadi sangat spesial karena dibuka dengan penampilan band rock asal Irlandia The Script dengan salah satu hitsnya ‘Superheroes’. Sederet lagu hits lainnyapun apik dibawakan sang vokalis Danny O’Donoghue yakni ‘Breakeven’, ‘The Man Who Can’t Be Moved’ dan ‘Hall of Fame’. Bahkan salah satu peserta Indonesian Idol Top 3 yakni Abdul sempat berduet membawakan ‘The Man Who Can’t Be Moved’ dengan Danny. 


Dalam gelaran babak tiga besar ini, Joan tampil membawakan lagu dari Elvis Presley  berjudul ‘Jailhouse Rock’. Penampilan Joan kali ini mendapatkan beberapa kritikan dari juri yakni Ari Lasso dan Maia Estianty. Menurut Ari Lasso, penampilan Joan kali ini kurang maksimal karena menyanyi dengan nada yang disitu-situ saja. Sedangkan menurut Maia, penampilan Joan tidak stabil dan melakukan kesalahan di bagian overtune lagu.




Peserta lain yakni Maria tampil membawakan ‘I Have Nothing’ dari Whitney Houston. Penampilannya yang begitu spektakuler membuat kelima juri yakni Ari Lasso, Judika, Maia Estianty, BCL dan Armand Maulana memberikan standing ovation sekaligus sepakat bahwa penampilan Maria sempurna. BCL mengatakan bahwa lagu Whitney Houston ini adalah salah satu lagu yang susah untuk dinyanyikan dan tidak banyak penyanyi yang bisa menyanyikan lagu ini dengan eksekusi yang baik dan Maria dianggap bisa menampilkan dengan sempurna.


Satu-satunya peserta pria yang masuk Top 3 yakni Abdul membawakan ‘Better Man’ dari Robbie William. Penampilan Abdul juga membuat kelima juri memberikan standing ovationnya. Ari Lasso memuji penampilan Abdul adalah penampilan yang berkelas. Armand Maulana juga memuji penjiwaan Abdul yang menurutnya sangat dalam. BCL juga tidak menyangka Abdul bisa mengeluarkan teknik vokal yang juga spektakuler terlepas dari penjiwaan yang begitu kuat.
Di akhir acara, Daniel Mananta mengumumkan siapa peserta yang akan melaju ke babak final minggu depan Maria adalah peserta pertama yang disebut. Maria adalah peserta yang kerap mendapatkan standing ovation oleh juri. Selama tampil di Spektakuler Show, sederet penampilannya dinilai begitu memukau. Loren Allred pun sempat memberikan apresiasi yang tinggi untuknya ketika menyanyikan lagu ‘Never Enough’.


Peserta kedua yang dinyatakan lolos babak selanjutnya adalah Abdul. Pria berusia 27 tahun asal Kupang dan menetap di Denpasar ini juga telah banyak menampilkan tampilan yang memukau tidak hanya juri namun penyanyi internasional lain seperti Adam Levine. Pada babak Spekta Show Top 11, Abdul sukses membawakan ‘Lost Star’ dari Adam Levine.


Dengan hasil ini, Joan menjadi peserta yang tereliminasi. Lolos audisi dengan menyanyikan ‘I Believe’ dari Jennifer Hudson dan ‘Love On Top’ dari Beyonce, sederet lagu juga telah apik ditampilkan Joan dalam panggung Indonesian Idol seperti ‘Whole Lotta Woman’ dari Kelly Clarkson, ‘Proud Mary’ dari Tina Turner hingga ‘Respect’dari Aretha Franklin. (Lin)

(wd)