Hard News

Kirab Malam 1 Suro, Keraton Siapkan 13 Pusaka

Jateng & DIY

13 September 2017 17:07 WIB

Kerbau Bule saat dimandikan beberapa waktu lalu.

SOLO, Solotrust.com - Keraton Surakarta menyiapkan sebanyak 13 pusaka yang akan dikirab, saat malam 1 suro, pada Rabu (20/9/2017) malam. Hal ini disampaikan oleh salah Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Pangeran (KP) Aryo Winarnokusuma, atau akrab dipanggil Kanjeng Win. Kanjeng Win menerangkan, jika kirab akan dimulair tepat pada pukul 24.00 WIB.

“Kalau pastinya berapa, kami belum bisa mengatakan. Namun yang jelas sejak Paku Buwono (PB) XIII ini, kami selalu menyiapkan sebanyak 13 pusaka. Namun bisa saja yang dikirab, bisa tujuh, bisa sembilan atau sebelas,” jelasnya saat jumpa pers dengan wartawan, Rabu (13/9/2017).



Ia menambahkan, untuk pusaka-pusaka tersebut biasanya yang membawa yakni putra-putra dalem keraton. Selain pusaka, biasanya juga dikirab kerbau bule. Namun, sampai saat ini pihaknya juga belum bisa membeberkan berapa jumlah kerbau yang akan dikirab. 

“Masih dilihat dahulu kondisi terakhir kerbau seperti apa. Bisa saja tua atau muda, yang penting dalam keadaan sehat,” katanya.

 

(yant-Wd)

(Redaksi Solotrust)