Jumat , 14 Agustus 2020

23.346 Anak di Karanganyar Belum Imunisasi MR

13 September 2017 14:01 WIB


FOTO: ilustrasi vaksin MR

KARANGANYAR, solotrust.com - Jelang akhir program imunisasi Measles Rubella (MR) secara serentak di Pulau Jawa ternyata masih menyisakan 23.346 anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di Karanganyar belum mendapatkan vaksin tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Ritasari Dewi mengatakan, per-tanggal 12 September ini imunisasi MR di Karanganyar mencapai 88,6% atau 181.302 anak dari total sasaran 204.648 anak. Imunisasi ini dimulai awal Agustus sampai akhir September. Namun pihaknya optimis mampu menuntaskan target imunisasi di sisa waktu hingga akhir bulan September.



“Jadi per tanggal 12 ini, imunisasi  Measles Rubella sudah mencapai 88,6 % atau 181.302 anak dari jumlah total sasaran 204.648 anak. Namun kmai optimis semua akan terselesaikan hingga akhir September nanti.” Ujar Rita

Kementrian Kesehatan sendiri menargetkan imunisasi di kabupaten/kota minimal 95% dan sejauh ini  DKK Karanganyar  bersama pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kementrian agama kabupaten berusaha meyakinkan para orangtua agar mengimunisasi anak-anaknya, mengingat penyakit mengintai puluhan ribu anak-anak tanpa kekebalan tubuh.

Rita menambahkan 0,9% sasaran imunisasi MR di Karanganyar menolak imunisasi melalui surat pernyataan maupun sengaja melewatkan agenda vaksinasi di sekolah dan posyandu. DKK memiliki data nama dan alamat mereka. Masalah keyakinan melatar belakangi sikap tersebut, namun ada pula orang tua berinisiatif dan sadar  mengimunisasi di Puskesmas, karena tempat belajar anaknya menolak program itu.

 

(Joe-Wd)

(Redaksi Solotrust)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com