Hard News

Viral Video Gajah Seperti Merokok, Begini Penjelasan Ilmuwan

Hard News

29 Maret 2018 10:59 WIB

Gajah betina yang tertangkap kamera video seperti tengah merokok. (Vinay Kumar/WCS India)

SOLO, solotrust.com – Beberapa hari belakangan publik dibuat heboh dengan penampakan gajah betina di India seperti tengah merokok. Gajah tersebut terekam dalam video yang dibagikan Vinay Kumar, ilmuwan Wildlife Conservation Society (WCS), India.

Dalam rekaman video tersebut, gajah betina di kawasan Taman Nasional Nagarahole itu tampak mendekati beberapa kayu yang sudah terbakar. Kemudian, gajah terlihat seperti menghembuskan asap berwarna agak putih, layaknya asap rokok.



“Gajah tersebut mendekati bara api yang ada di lokasi tersebut. Dia menghirup, lantas mengepulkan kembali asapnya,” urai Kumar, dikutip BBC, Selasa (27/3/2018).

Video berdurasi 48 detik itu pun membuat heboh. Bagaimana mungkin gajah bisa merokok?

Seorang ilmuwan WCS, Varun Goswami memberikan penjelasan atas perilaku gajah betina itu. Menurutnya, gajah itu hendak memakan sisa potongan kayu yang terbakar.

“Sepertinya ia tertarik pada kayu yang sudah menjadi arang di sisa-sisa pembakaran tersebut. Untuk bisa mengambilnya, dia harus meniup asap di atasnya lebih dulu. Aktivitas itulah yang terlihat seperti merokok,” jelasnya, dikutip Times of India.

Perilaku gajah seperti merokok itu terjadi pada April 2016, di Hutan Nagarhole, Negara Bagian Karnataka, India.

(way)