Jumat , 16 April 2021

Reog Ponorogo Turut Meriahkan HUT Davao City di Filipina

20 Maret 2018 13:46 WIB


Penampilan Reog Ponorogo di HUT ke-81 Davao City, Filipina Selatang (Dok Kemlu.go.id)

SOLO, solotrust.com - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-81 Kota Davao di Filipina Selatan, diadakanlah parade yang diikuti oleh 302 organisasi termasuk di dalamnya Konsulat Jenderal Republik Indonesian (KJRI) di Davao City, Jumat (16/3/2018).

"Kali ini Parade Indonesia tampil secara massive dan all out. Tidak kurang dari 105 orang kontingen Indonesia turun ke jalan memeriahkan parade terbesar di Davao City, kota asal Presiden Filipina Rodrigo Duterte tersebut. Seluruh staf KJRI, Dharma Wanita, sejumlah guru dan siswa Sekolah Indonesia Davao (SID)," tutur Konsul Jenderal RI di Davao City, Filipina Selatan, Berlian Napitupulu seperti dilansir dari laman kemlu.go.id, Selasa (20/3/2018).



Berbeda dari parade tahun 2017 lalu, tahun ini KJRI menampilkan Topeng Reog Ponorogo lengkap dengan iringan musik tradisional khas Ponorogo. Menariknya, topeng Reog Ponorogo yang beratnya hampir 30 kg tersebut dimainkan dengan apik oleh seorang staf lokal Filipina.

"Penampilan topeng Reog Ponorogo dan pawai pakaian adat Indonesia tersebut menarik perhatian publik Davao City yang memadati tepi jalan protokol yang dilalui para peserta parade. Banyak masyarakat yang meminta foto bersama, baik dengan para siswa SID yang memakai pakaian adat Indonesia maupun dengan topeng Reog Ponorogo," tambahnya.

Selain itu, KJRI juga menampilkan pawai aneka pakaian adat dari berbagai daerah/Provinsi di Indonesia antara lain dari Batak (Sumatera Utara), Padang (Sumatera Barat), Sunda (Jawa Barat), Jawa Tengah, Bali, NTB, dan Papua serta pakaian untuk Tari Merak, Tari Kuda Lumping, dan gatot kaca.

Peragaan busana daerah tersebut dibawakan oleh para siswa Sekolah Indonesia Davao (SID). Tak hanya itu, KJRI juga menampilkan mobil hias desain nuansa Bali berlogo Wonderful Indonesia.

Parade tersebut dihadiri oleh Wali Kota Davao Sarah Z Duterte, Wakil Walikota Bernard Echavez Al-ag, City Administrator (setingkat Sekretaris Daerah) Davao Atty Zuleika T Lopez, Konjen RI dan Ibu Elizabeth Napitupulu, Komandan East Mindanao Command (Eastmincom) Letjen Benjamin Madrigal, Kapolda Mayjen Manuel Gaerlan, KASAL Commodore Enriquez, para Pejabat Pemerintah Kota Davao, serta Ratu Kecantikan Davao (Mutya ng Davao) 2018 Shellah Faye Juntilla beserta empat finalis yang masuk dalam Top 5 Mutya ng Dabaw 2018.

“Wali Kota Davao Sarah Z Duterte, Wakil Wali Kota Bernard E Al-ag, dan City Administrator Atty Zuleika T Lopez dan beberapa pejabat setempat menyampaikan terima kasih dan apresiasi mereka atas upaya promosi Indonesia pada Parade Peringatan HUT Kota Davao," imbuhnya.

“Semoga upaya promosi Indonesia kita lakukan ini dapat lebih memperkenalkan Indonesia dan meningkatkan kerja sama di berbagi bidang antara Indonesia dengan Filipina, khususnya dengan Filipina Selatan," pungkasnya. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com