Serba serbi

Keren! Film Kartini Karya Hanung Bramantyo Bakal Diputar di PBB

Musik & Film

8 Maret 2018 13:54 WIB

SOLO, solotrust.com – Kabar membanggakan datang lagi dari perfilman Indonesia. Dalam rangka partisipasi Indonesia dalam pertemuan ke-62 Commission on the Status of Women (CSW) dari tanggal 13-23 Maret 2018 mendatang, Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) akan menyelenggarakan pemutaran film 'Kartini’ pada tanggal 21 Maret 2018 di Markas Besar PBB, New York.

Pemutaran film ‘Kartini’ yang menggambarkan sejarah perjuangan emansipasi dan pemberdayaan perempuan Indonesia dianggap sejalan dengan tema pertemuanke-62  CSW yaitu ‘Challenges and Opportunities In Achieving Gender Equality and Empowerment of Rural Women and Girl’.



Melalui akun Instagramnya @hanungbramantyo hari ini (8/3/2018), Hanung Bramantyo selaku sang sutradara mengunggah surat terkait hal tersebut seraya berterima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukungnya dalam karya tersebut.

Gak pernah ngebayangin Film saya Kartini diputar di PBB-New york. Trus aku kudu ngomong nganggo bahasa opo iki?? (lalu saya harus bicara dengan menggunakan bahasa apa ini??)...,” kata Hanung di awal unggahannya.

…Terima Kasih producer @robertronny dan @legacy.pictures uda kasih medium buat saya bikin film yg jujur. Thanks buat @therealdisastr atas performa yang ciamik sebagai Raden Ajeng. Juga seluruh cast @adiniawrst @septriasaacha @ayushita @sumargodenny @officialpilarez @djenarmaesaayu bu Christine Hakim, Om Dedy Sutomo, dan all cast Jogja dan Jakarta. Seluruh crew @ajishdibyo @atsinc @retno_damayanti @charliemeliala @dudutna @senoaji_julius @pritagitaarianegara @suara88 dan masih banyak lagi…,” lanjutnya.

…Terima Kasih buat para perempuan yang selalu ada di dekat saya: @zaskiadyamecca, ibuk @yanesthi (mamanya @barmastyabhumi ), ibunda tercinta Mulyati Salim, eyang Andariyah, anak-anak perempuan ku @kalamadali @Kanasyibilla, adik2ku tersayang @perwitosari_salim Arum, Hesti, dan seluruh perempuan Indonesia yang kuat dan tegar,” tutup Hanung.

Sebelumnya, film ‘Kartini’ yang tayang di Tanah Air pada April 2017 lalu telah “jalan-jalan” juga ke Amerika Serikat. Awal Desember 2017, film ‘Kartini’ tayang di empat kota besar di Amerika yakni Los Angeles, San Fransisco, New York, dan Philadelphia.

Diangkat dari kisah nyata Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini), film ‘Kartini’ diperankan oleh Dian Sastrowardoyo (Kartini), Acha Septiasa (Roekmini), Ayushita Nugraha (Kardinah), dan Christine Hakim (Ngasirah/Ibu Kartini).

Film Kartini menceritakan tentang semangat perjuangan Kartini untuk pendidikan di Indonesia. Kartini adalah sosok wanita yang percaya pada kekuatan pengetahuan dan pendidikan. Pada zamannya, Kartini berjuang untuk mendirikan sekolah bagi kaum miskin sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di Jepara. Keyakinan Kartini bahwa semua ilmu yang kita miliki jika tidak dibagikan kepada orang lain maka akan sia-sia adalah hal yang coba disebarkan lewat film ini.

Warganet pun ramai memberikan komentarnya.

Congrats Pak. Filmnya emang bagus kok....wong ak habis ntn ae terharu, ternyata ada sutradara yg mengikuti kata hati, tidak hanya mengikuti pasaran lakunya film apa.... terus banggakan Indonesia... @hanungbramantyo,” tulis @mitsuki_sky.

Luar biasa,maju terus, terus berkarya @hanungbramantyo@dapurfilm,” tulis @budi_soeharli.

Memang film nya layak Mas @hanungbramantyo Selamat yoooo, barakallaj,” tulis @iconicku.

Iya mas @hanungbramantyo karena dirimu humble mas, mau berbagi ilmu karo aku pas ning londo shoot kartini. Keep humble mas. Good karma always be with us. Itu profile pict ku mburine kan njenengan hehe,” tulis @wahyufriyanto.

@hanungbramantyo selamat ya mas..atas prestasi yg sangat membanggakan buat karir mas Hanung...sekali lg selamat & sukses selalu ya mas...kami menunggu karya2 mas Hanung selanjutnya...bravo perfilman Indonesia #filmindonesia #filmnasional,” tulis @arianto_aria.

Indonesia bangga punya Panjenengan Pak Hanung... Sangat syuka dengan karya2 emasmu...,” tulis @nurie_daluve. (Lin)

(way)