Ekonomi & Bisnis

7 Maret, Tiket Kereta Api Lebaran Sudah Bisa Dipesan

Ekonomi & Bisnis

4 Maret 2018 15:03 WIB

(Ilustrasi)

SOLO, solotrust.com - Pemesanan tiket kereta api (KA) untuk angkutan mudik Lebaran tahun 2018 yang jatuh pada Bulan Juni, sudah dapat dilakukan mulai 7 Maret 2018, atau 90 hari sebelum keberangkatan. Pemesanan tiket tersebut berlaku untuk keberangkatan 10 hari sebelum Lebaran, termasuk dioperasionalkannya kereta api mudik Lebaran.

"Jadi bagi yang ingin mudik, tiket sudah bisa dibeli mulai 7 Maret ini dan pemesanan juga bisa dilakukan dengan cara online," ungkap Kepala Stasiun Solo Balapan, Nuruddin saat ditemui wartawan di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (4/3/2018).



Pemesanan tiket, kata Nuruddin, berlaku untuk semua jenis KA, baik yang KA reguler maupun KA tambahan dengan berbagai tujuan. Untuk pemesanan tiket, Nuruddin mengatakan tidak ada pembatasan. Hanya saja untuk setiap tiket yang dibeli harus sesuai dengan identitas pembeli dan tidak boleh dipindahtangankan.

"Kalau jumlah tiket yang akan dijual hampir sama dengan tahun yang lalu. Sekitar 32 ribu tiket. Yang jelas tiket yang dibeli tidak boleh dipindahtangankan. Karena di tiket tersebut sudah tertera nama dan juga nomor penumpang," katanya.

Hal ini perlu dilakukan guna mencegah oknum yang menjual tiket dengan harga yang tinggi kepada pemudik.

Disinggung soal lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik, dirinya menyebut bakal terjadi seminggu sebelum Lebaran. Selain itu, pihaknya juga berencana menambah rangkaian kereta untuk angkutan Lebaran tahun ini, namun dirinya belum dapat merinci berapa jumlah penambahan tersebut.

"Kalau untuk H-10 belum ludes, kemungkinan tanggal 9-14 Juni sudah ludes. Kebanyakan tiket yang dibeli adalah yang dari jurusan Jakarta-Solo dan juga Bandung-Solo," katanya. (vin)

(way)