Jumat , 16 April 2021

Dukung Novel Baswedan, Masyarakat Ramai Cover Lagu ‘Sebelah Mata’

27 Februari 2018 17:02 WIB


(Dok. Instagram)

SOLO, solotrust.com – Jumat (23/2/2018) lalu, Efek Rumah Kaca telah mengajak masyarakat untuk mengikuti tantangan #SebelahMata. Tantangan tersebut yakni meng-cover lagu mereka yang berjudul ‘Sebelah Mata’ kemudian mengunggahnya di akun media sosial masing-masing dengan menyertakan tagar #SebelahMata.

Aksi ini dilakukan dalam rangka mendukung agar kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan, penyidik senior KPK yang 10 bulan lalu disiram air keras oleh orang tidak dikenal, sehingga sebelah matanya rusak tidak ditangani dengan sebelah mata.



Hari ini (27/2/2018), tagar #sebelahmata telah mencapai lebih dari 12,5 ribu unggahan di Instagram. Dari musisi, organisasi, hingga masyarakat umum ramai menunjukkan dukungan mereka dengan meng-cover lagu yang diciptakan oleh Adrian, bassist Efek Rumah Kaca ini.

“Tapi sebelah mataku yang lain menyadari gelap adalah teman setia dari waktu-waktu yang hilang,” demikian sepenggal lirik lagu tersebut yang ramai di-cover.

Melalui akun Instagramnya, Najwa Shihab juga terlihat menunjukkan dukungannya terhadap aksi ini. Najwa menuliskan bahwa tantangan ini dilakukan untuk mendukung kesembuhan Novel Baswedan dan mendesak pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk kasus penyiraman air keras ke Novel tersebut. Pada Rabu mendatang, acara ‘Mata Najwa’ yang ia bawakan juga akan membahas tentang sosok Novel Baswedan ini.

Baca juga : Novel Baswedan Kembali, Efek Rumah Kaca Ajak Cover Lagu ‘Sebelah Mata’

Nah, berikut beberapa unggahan masyarakat dalam aksi #SebelahMata ini.

Aku terima tantangan dari @najwashihab bukan untuk seru seruan saja. Tapi aku menyanyikan lagu #SebelahMata karya @sebelahmata_erk sebagai pengingat dan pernyataan untuk kasus Novel Baswedan di selesaikan dengan serius dan tidak dengan sebelah mata saja. Dengan ini aku mengajak semua teman teman ikut menyanyikan lagu ini dan upload ke socmed kalian dengan hashtag #SebelahMata. Next aku ajak bro @yosimokalu dan @dr_tompi untuk ikut menyuarakan hal yang sama #KamiBersamaNovel,” tulis vokalis Nidji, Giring.

Done! Kami turut menjawab tantangan @sebelahmata_erk dan @najwashihab untuk cover lagu Sebelah Mata. Dan tentunya kami Tidak Sebelah Mata pun Setengah Hati dalam mendampingi Novel Baswedan meraih keadilan,” tulis Lembaga Bantuan Hukum Jakarta melalui akunnya @lbh_jakarta.

Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kami kepada Novel Baswedan yg sudah memasuki waktu 10 bulan namun belum ada kejelasan. Jika suara di jalanan dianggap anarkisme maka suara melalui lagu bentuk perlawanan kami,” tulis warganet dengan akun @syamsul_qamar_nur.

Belajar sejak dini "Keadilan itu harus NYATA" Siswa siswi kelas 6D SDN 1 Landasan Ulin Utara, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan,” tulis akun @giedzalvaro yang mengunggah video siswa siswi SD tersebut yang bersama-sama menyanyikan lagu ‘Sebelah Mata’ di kelas. Najwa yang menyaksikan video tersebut juga memberi komentar akan memutar video anak-anak tersebut di Mata Najwa episode Novel Baswedan besok.

Seperti diketahui bahwa pada 11 April 2017 lalu, penyidik Novel Baswedan disiram air keras saat berjalan pulang seusai Salat sSubuh berjemaah di Masjid Al-Ikhsan yang tak jauh di rumahnya di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Akibat serangan tersebut, sekitar 90 persen mata kirinya terbakar dan harus menjalani serangkaian pengobatan di Singapura. Namun hingga kini, pelaku penyerangan Novel belum ditangkap kendati Polda Metro Jaya, meski telah merilis dua sketsa wajah terduga pada 24 November 2017 yang lalu. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com