Serba serbi

Hampir 6 Juta Penonton, Akankah ‘Dilan 1990’ Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa?

Musik & Film

23 Februari 2018 12:51 WIB

(Dok. Instagram @film.dilan1990)

SOLO, solotrust.com – Setelah dalam 12 hari penayangannya yakni sejak 25 Januari 2018 film ‘Dilan 1990’ berhasil mencapai 4 juta penonton, delapan hari kemudian film tersebut kembali merangkak naik dengan perolehan 5,4 juta penonton.

Jumlah ini ternyata kian bertambah karena dalam 28 hari penayangannya, karya Fajar Bustomi dan Pidi Baiq ini sudah berhasil mendapatkan 5,9 juta penonton atau nyaris tembus 6 juta. Dengan capaian tersebut, berarti saat ini film ‘Dilan 1990’ menjadi film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa.



Tercatat sejauh ini ada lima film Indonesia sepanjang sejarah yang berhasil mendapatkan penonton lebih dari 4 juta. Film ‘Dilan 1990’ yang sejauh ini mendapatkan 5,9 juta penonton berada tepat di bawah ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1’ dengan raihan 6,8 juta penonton. Di tempat selanjutnya ada ‘Laskar Pelangi’ dengan 4,7 juta penonton, ‘Habibie & Ainun’ dengan 4,5 juta penonton, ‘Pengabdi Setan’ dengan 4,2 juta penonton, dan ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss part 2’ dengan 4,08 juta penonton.

Melalui rumah produksi film ini yakni Falcon Pictures, Kamis (22/2/2018), mereka meng-update jumlah penonton film tersebut dalam sebuah video singkat dengan caption “Menuju 6jt penonton. Terimakasih”. Jumlah persis update terakhir adalah sebanyak 5.942.000 penonton. Iqbaal Ramadhan si ‘Dilan’ pun juga turut mengunggah hal yang sama di Instagram pribadinya ketika film tersebut mencapai 5,9 juta penonton.

Ingin sekali dateng dan nonton langsung di bioskop2 di Indonesia sama temen2 semua. Tapi mungkin belum saatnya. Tonton terus dilan di bioskop!,” tulis Iqbaal melalui akunnya @iqbaal.e.

Iqbaal saat ini masih menjadi siswa SMA atau pre college di Armand Hammer United World College, New Meksiko, Amerika Serikat. Pemeran Milea, Vanesha Prescilla juga baru-baru ini mengatakan bahwa jika film ‘Dilan 1990’ sampai tembus 7 juta penonton, maka dia akan pergi ke Amerika Serikat untuk merayakan kelulusan Iqbaal yang rencananya diselenggarakan Mei mendatang.

Film ‘Dilan 1990’ memang begitu fenomenal. Karakter Dilan yang ikonik dengan kata-katanya ramai menghiasi berbagai kanal berbagai sosial media. Mulai dari meme parodi hingga digunakan pemerintah dan instansi-instansi tertentu untuk mengimbau masyarakat.

Film ‘Dilan 1990’ diangkat dari novel best seller karya Pidi Baiq berjudul ‘Dilan: Dia Adalah Dilanku tahun 1990’ yang rilis 2014 silam. Film ini mengisahkan perjalanan cinta Dilan dan Milea di sebuah SMA di Bandung di tahun 90-an.
Akankah film ‘Dilan 1990’ tembus 7 juta penonton dan mendapatkan predikat film Indonesia terlaris sepanjang masa? (Lin)

(way)