Selasa , 4 Agustus 2020

Grebeg Sudiro Tampilkan Replika Loji Gandrung dan Taman Monjari, Ini Lho Maksudnya

9 Februari 2018 09:35 WIB


Grebeg Sudiro 2017. (dok tatv)

SOLO, solotrust.com- Puncak Grebeg Sudiro 2018, bakal di tandai dengan karnaval budaya, pada Minggu (11/2/2018) mendatang. Selain itu, untuk tahun ini pihak panitia akan menampilkan replika Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung dan Taman Monjari yang ada di kawasan Banjarsari. 

Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2018 Bul Hartomo mengatakan, alasan pemilihan replika dua tempat tersebut, karena dua lokasi ini bagian dari sejarah dan ikon kota Solo. 



”Setiap tahunnya kami selalu berupaya ada inovasi. Kalau tahun kemarin ada replika jam dinding Pasar Gede dan Pasar Gede itu sediri, kalau tahun ini kita pilih Rumah Dinas Wali Kota dan Taman Monjari,” ungkap Bul kepada Solotrust.com, Jumat (8/2/2018) kemarin.

Ketika ditanya soal maknanya, menurutnya dahulu Loji Gandrung merupakan rumah milik warga Belanda. Rumah tersebut tak digunakan sembarangan, karena hanya digunakan saat memadu kasih hingga perayaan pesta lainnya.

Sedangkan Taman Monjari bagian dari perjuangan bangsa Indonesia. Apalagi dua tempat tersebut bagian dari Cagar Budaya. Sementara itu untuk perserta, akan ada lebih dari 40 kelompok ambil bagian dengan melibatkan lebih dari 1500 peserta. (dit)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com