Ekonomi & Bisnis

Alila Solo dan RS Dr Oen Kansa Hadirkan Layanan Tes Swab Antigen Drivethru

Ekonomi & Bisnis

17 Mei 2021 20:35 WIB

Layanan tes swab antigen drivethru di Ground Floor Hotel Alila Solo.

SOLO, solotrust.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengatur kebijakan bagi tamu luar kota yang berkunjung ke wilayahnya harus menunjukkan hasil negatif Covid-19 melalui tes swab antigen.

Namun terkadang untuk melakukan tes swab antigen di rumah sakit, masyarakat masih ada rasa khawatir, takut tertular atau terpapar virus corona. Selain itu, tamu yang ingin menginap di hotel agak repot bila harus bolak-balik rumah sakit-hotel.



Menjembatani hal itu, Hotel Alila Solo bekerja sama dengan RS Dr Oen Surakarta membuka pelayanan tes swab Antigen Drive-Thru di area Lifestyle Ground Floor bagi tamu hotel, tamu luar Kota Solo, dan masyarakat umum.

Layanan dibuka sejak 11 Mei 2021 dengan jam operasional 10.00 - 16.00 WIB. Layanan tes swab antigen Drive Thru ini juga bisa diakses melalui web http://antigen/droenska.com/alila.

General Manager Hotel Alila Solo, Teddy Susanto Wiryawan menjelaskan, adanya layanan tes swab antigen drive-thru ini guna mendukung pemberantasan Covid-19 dan menjaga Solo tetap menjadi zona hijau.

"Harapannya tamu yang akan menginap tidak perlu dipusingkan mau tes di mana. Sebelum check-in bisa langsung drivethru, tidak perlu menunggu lama. Tamu yang check-out juga bisa, tanpa perlu ke rumah sakit atau klinik karena hasil sebelumnya sudah kedaluwarsa," ujarnya pada media belum lama ini.

Kata Teddy, layanan ini juga sesuai arahan surat edaran wali kota Solo, tamu yang check-in harus menunjukkan hasil negatif. Apabila hasil tes swab antigen melalui layanan drivethru ini positif, tamu akan dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk melakukan tes PCR.

Sementara itu, Direktur Utama RS Dr Oen Kandangsapi, William Tanoyo, menerangkan perbedaan pelayanan test swab antigen dari RS Dr Oen Kandangsapi Solo ini dari yang lain.

"Dari segi teknis, alat yang digunakan cukup akurat dan sudah menggunakan standar Kemenkes, sistem pendaftarannya dan hasil bisa dilihat dengan web, serta inovasi terbaru hasil bisa dicetak di mana saja karena bisa divalidasi dengan QR code," kata William Tanoyo.

Dari segi nonteknis, layanan drive through terletak di luar gedung pelayanan dan tidak masuk gedung rumah sakit. Dengan begitu lebih praktis karena daftar tanpa antre. Tinggal masuk web, masukkan NIK, tanggal lahir, nama, sudah dapat kode booking. Untuk hasilnya, cukup masukkan kode booking dan tanggal lahir. Hasil tes keluar dalam 30-40 menit.

"Mestinya tujuannya yang paling penting adalah makin banyak dilakukan tes swab antigen makin ketahuan yang positif, kita bisa melakukan antisipasi. Mestinya kalau yang ideal semua orang luar masuk Kota Solo kalau mampu diswab," imbuhnya. (rum)

(and_)