Entertainment

Setelah ATEEZ, LOONA Ditunjuk Sebagai Duta Budaya Korea Selanjutnya

Musik & Film

13 Mei 2021 23:06 WIB

LOONA dalam album "Midnight (12:00)" (Dok. Blockberry Creative)

Solotrust.com - Setelah tahun lalu menunjuk ATEEZ, Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan menunjuk girlgroup LOONA sebagai duta dalam mempromosikan budaya Korea di luar negeri tahun ini.

"Kami percaya bahwa LOONA akan berkontribusi besar pada promosi konten budaya Korea di luar negeri. Kami berharap orang-orang di seluruh dunia mengatasi kelelahan COVID-19 dengan menikmati budaya pop Korea, seperti hallyu," kata Menteri Kebudayaan Hwang Hee dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The Korea Times (10/5/2021).



LOONA akan muncul di klip video publik, termasuk bagian dari "Talk Talk Korea," sebuah kompetisi konten internasional terkait Korea yang diselenggarakan oleh Korean Culture and Information Service (KOCIS). 

"LOONA yang baru diangkat sebagai duta promosi datang pada waktu yang tepat karena kami merayakan ulang tahun ke-50 berdirinya KOCIS," kata Menteri Hwang Hee.

KOCIS telah menunjuk grup-grup K-Pop sebagai dutanya sejak beberapa tahun lalu, untuk menarik minat orang-orang di luar negeri terhadap budaya Korea. BTS menjadi duta pada 2016, yang diikuti oleh EXO, WINNER, Stray Kids, dan ATEEZ di tahun-tahun berikutnya.

Sejak debutnya pada Agustus 2018, LOONA telah muncul sebagai fenomena K-pop. Album mini ketiganya "Midnight (12:00)" memuncaki chart album iTunes di 51 negara, termasuk AS. Album itu pun berhasil menempati peringkat ke-112 chart Billboard 200.

LOONA membuat entri pertamanya ke Top 40 chart Pop Airplay Billboard dengan "Star", versi Bahasa Inggris dari lagu "Voice" yang masuk dalam album mini "Midnight (12:00). Ini menjadikan LOONA sebagai girlgroup K-pop kedua setelah BLACKPINK yang masuk ke chart itu. Chart itu didasarkan pada pemutaran lagu di radio-radio AS.

Chart tersebut mencerminkan data mingguan dari sekitar 160 stasiun radio di AS. Terkait lagu itu, Billboard mengutip Bill Schulz, direktur program di stasiun radio KCLA di Reno, Nevada, yang mengatakan, "'Star' memiliki suara unik yang hilang dari 40 besar saat ini. Ini adalah catatan keseimbangan yang bagus untuk suara dan tempo."

LOONA, yang namanya diterjemahkan menjadi "Girl of the Month" dalam Bahasa Korea, adalah grup beranggotakan 12 orang yang terdiri dari Heejin, Hyunjin, Haseul, Yeojin, ViVi, Kim Lip, Jinsoul, Choerry, Yves, Chuu, Go Won, dan Olivia Hye.

Para anggota secara individual memulai debutnya melalui single promosi selama dua tahun, sebelum debut secara lengkap pada tahun 2018 dengan EP pertama "++" dengan lagu utama "Hi High". Pada bulan Januari lalu, mereka memenangkan penghargaan Next Generation di Golden Disc Awards ke-35. (Lin)

(wd)