Hard News

Idulfitri 1442 H, PP Muhammadiyah Ajak Warga Gigih Atasi Pandemi Secara Maksimal

Nasional

11 Mei 2021 16:05 WIB

Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto

YOGYAKARTA, solotrust.com - Sebelumnya pada Senin (10/05/2021) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Sekretaris Agung Danarto menetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis (13/05/2021) di Gedung PP Muhammadiyah, Kota Yogyakarta.

“PP Muhammadiah menentukan Hari Raya Idulfitri, 1 Syawal 1442 H pada Hari Kamis 13 Mei 2021, penentuan ini berdasarkan metode hisab,” kata Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto, Senin (10/05/2021).



Lebih lanjut dikatakan, Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah yang masih dalam situasi pandemi Covid-19 membuat PP Muhammadiyah mengajak masyarakat gigih dalam mengatasi pandemi Covid-19 secara maksimal. Ada beberapa poin perlu diperhatikan masyarakat dalam merayakan Idulfitri di masa pandemi, di antaranya PP Muhammadiyah tidak menganjurkan kegiatan takbir keliling.

“Takbir dapat dilakukan di musala atau masjid-masjid dengan pembatasan jumlah orang sesuai protokol kesehatan. Takbir juga dapat dilakukan di rumah masing-masing dengan keluarga agar tercipta suasana kerohanian dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.

Sementara untuk Salat Idulfitri, PP Muhammadiyah menganjurkan dilakukan di rumah, di lapangan kecil, atau ruang terbuka di sekitar tempat tinggal dengan jumlah jemaah terbatas.

“Jika tidak ada warga yang tertular Covid-19 atau kondisi setempat dipandang aman Covid-19, Salat Idulfitri dapat dilaksanakan di lapangan kecil atau tempat terbuka di sekitar tempat tinggal jemaah,” katanya. (elv)

(and_)