Ekonomi & Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Layanan Lebaran, Stok ATM Rp252 Miliar hingga Buka Saat Libur

Ekonomi & Bisnis

11 Mei 2021 15:31 WIB

Layanan nasabah Bank Mandiri (Dok. solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Bank Mandiri Area Solo telah membuat persiapan agar tetap dapat melayani masyarakat selama libur Lebaran 2021, antara lain buka cabang, kesiapan stok uang untuk kebutuhan mesin ATM, hingga optimalisasi layanan e-channel.

Vice President Bank Mandiri Area Solo, Ony Suryono Widodo, menjelaskan di libur Lebaran kali ini pihaknya mengantisipasi terjadinya lonjakan transaksi selama hari raya. Hal ini lantaran para pelaku ekonomi juga tidak libur lama, sehingga pihak bank berupaya tetap menggerakkan roda perekonomian.



"Kami buka cabang di tanggal 12 dan 15 Mei untuk antisipasi jika banyak masyarakat yang ingin melakukan transaksi perbankan. Tanggal 17 yang harusnya cuti bersama jadi normal seperti hari kerja biasa," tuturnya pada media di Gedung Menara Mandiri, Senin (10/05/2021).

Pada 12 Mei 2021 ada dua cabang Bank Mandiri yang buka, yakni Kantor Cabang Solo Sriwedari dan Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi. Sementara pada 15 Mei 2021 hanya satu cabang Mandiri yang buka, yakni di Kantor Cabang Solo Sriwedari dengan jam operasional enam jam seperti biasa atau dari jam 09.00 hingga 15.00 WIB.

"Walau Hari Kamis, Jumat tanggal merah, tetap ada yang piket atau standby bila ada masalah," kata Ony Suryono Widodo.

Sementara terkait stok uang selama libur Lebaran, Bank Mandiri telah menyiapkan dana hingga Rp252 miliar untuk kebutuhan ATM, tepatnya periode 12 hingga 16 Mei 2021. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan Lebaran tahun lalu yang masih terasa situasi pandemi Covid-19.

"Kami untuk minggu ini saja menyediakan Rp252 miliar untuk kepentingan ATM," ungkapnya.

Ony Suryono Widodo juga mengoptimalkan layanan e-channel Bank Mandiri guna melayani kebutuhan masyarakat. Pihaknya telah menyiapkan 221 mesin ATM di titik strategis dengan 25 ATM dilengkapi fitur setor tunai, dan 2.135 merchant menggunakan mesin EDC Bank Mandiri.

"Selain itu karena sekarang zamannya digitalisasi, terdapat 770 agen Mandiri di Soloraya yang dilengkapi EDC untuk membantu transaksi masyarakat," imbuhnya.

Bank Mandiri juga menyiapkan platform online join.bankmandiri.co.id untuk mengakomodasi masyarakat agar bisa membuka rekening Bank Mandiri secara online, meski libur mengakibatkan layanan perbankan terbatas.

"Jadi perbankan masih ada yang buka selama libur sehingga mereka tetap bisa melakukan transaksi. Semoga masyarakat bisa menyambut Lebaran dengan semangat dan menggerakkan ekonomi karena sudah setahun seperti ini," tutup Ony Suryono Widodo. (rum)

(and_)