Hard News

Sah! SpaceX Elon Musk Siap Luncurkan Misi ke Bulan Pakai Dogecoin

Global

10 Mei 2021 16:31 WIB

Bos SpaceX, Elon Musk (Foto: BBC/Getty Images)

Solotrust.com - Bos SpaceX, Elon Musk secara resmi telah mengatakan perusahaannya mulai sekarang akan menerima pembayaran dari mata uang cryptocurrency dogecoin yang terinspirasi dari meme. Dalam cuitannya di Twitter, sang miliarder juga mengungkap perusahaan eksplorasi ruang angkasa komersial miliknya akan meluncurkan DOGE-1 Mission to the Moon awal tahun depan.

Langkah itu diambil di tengah dogecoin yang terus terperosok setelah Elon Musk tampil di acara televisi. Pada April lalu, dia juga men-tweet SpaceX akan menempatkan "Dogecoin literal di bulan literal".



Misi peluncuran DOGE-1  akan didanai Geometric Energy Corporation Kanada yang mengumumkan misi tersebut pada Minggu (09/05/2021), meski tak disebutkan nilai finansialnya.

"Misi ini akan mendemonstrasikan penerapan cryptocurrency di luar orbit bumi dan menetapkan dasar untuk perdagangan antarplanet," kata Wakil Presiden Penjualan Komersial SpaceX, Tom Ochinero, dikutip dari BBC, Senin (10/05/2021).

Kicauan Musk dalam beberapa bulan terakhir telah membantu mengubah mata uang digital yang dulunya tak banyak dikenal. Kini dogecoin telah menjadi mata uang kripto terbesar keempat di dunia.

Menurut pelacak data cryptocurrency CoinGecko.com, dogecoin telah melonjak lebih dari 800 persen selama sebulan terakhir, dengan total nilai pasar naik di atas US$70 miliar. Namun, dogecoin kehilangan lebih dari sepertiga harganya pada Minggu, setelah Musk menyebutnya sebagai "keramaian" saat dia menjadi pembawa acara televisi sketsa komedi Saturday Night Live.

Diberitakan sebelumnya, pada Februari lalu, produsen mobil listrik Tesla, di mana Musk menjadi kepala eksekutif perusahaan, mengatakan telah membeli bitcoin senilai US$1,5 miliar dan berencana untuk menerima cryptocurrency sebagai pembayaran untuk kendaraannya.

Kabar itu dipandang sebagai langkah besar lainnya menuju penerimaan arus utama bitcoin dan membantu meningkatkan harga cryptocurrency ke rekor tertinggi baru, yakni hampir US$62 ribu.

Sementara pada April lalu, Tesla mengumumkan keuntungannya pada kwartal pertama 2021 adalah US$438 juta, naik dari US$16 juta tahun lalu. Hal ini didukung penjualan Bitcoin dan kredit lingkungan.

Musk juga mengungkapkan pada Saturday Night Live dia menderita sindrom Asperger. Penderita Asperger cenderung mengartikan lingkungan di sekitarnya secara berbeda dengan orang lain. Ini adalah kali pertama Musk mengungkap tentang kondisinya. (and)

(and_)