Entertainment

Bidik Pasar Amerika Latin, CJ ENM Akan Ciptakan Boygroup Gaya K-pop Disana

Musik & Film

9 Mei 2021 22:01 WIB

CJ ENM

Solotrust.com -Perusahaan hiburan raksasa Korea Selatan CJ ENM mengumunkan rencananya untuk menciptakan boygroup baru bergaya K-pop di Amerika Latin, sebagaimana dikabarkan Yonhap News Agency dari keterangan perusahaan itu pada Kamis (6/5/2021).

CJ ENM akan berkolaborasi dengan HBO Max dan Endemol Shine Boomdog. Mereka akan mempertemukan artis K-pop dan artis Amerika Latin untuk memilih anggota potensial, yang akan debut melalui program itu dan berlatih seperti halnya grup K-pop.



Menurut CJ ENM, ini akan menandai program audisi pertama oleh perusahaan Korea yang menargetkan pasar Amerika Selatan. Perusahaan tersebut mengatakan akan menerapkan kapasitas dan pengalamannya dalam membuat pertunjukan audisi untuk proyek tersebut, diharapkan dapat mempelopori kemajuannya ke pasar Amerika Latin yang berkembang pesat.

Amerika Selatan dipandang sebagai pasar berpotensi tinggi untuk industri hiburan karena sebagian besar negaranya menggunakan Bahasa Spanyol, bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia. Kawasan ini juga memiliki populasi yang relatif muda, yakni kelompok konsumen musik pop.

Menurut laporan musik global tahunan oleh International Federation of Phonographic Industry (IFPI), Amerika Latin adalah kawasan dengan pertumbuhan tercepat secara global selama enam tahun berturut-turut pada tahun 2020, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 15,9 persen dalam pendapatan musik rekaman. Pasar musik rekaman global tumbuh 7,4 persen tahun lalu.

Lebih dari 20 tahun terakhir, K-Pop memang dengan cepat mengembangkan sayapnya ke berbagai kawasan di dunia, termasuk Asia, Amerika Serikat dan Timur Tengah. Setelah menembus pasar-pasar tersebut, ekspansi pun mereka kembangkan ke Amerika Latin. Tidak hanya dengan merilis lagu yang mengandung irama Latin, artis-artis K-Pop juga berkolaborasi dengan artis lokal dari sana.

K-Pop sendiri mulai menjadi fenomena di Amerika Latin pada awal tahun 2010an dimana idol group MBLAQ mengunjungi Brazil untuk menjadi juri dalam sebuah K-POP dance cover festival pada 2012. Kemudian, grup JYJ juga melakukan tur di Chili dan Peru. Setahun kemudian, SM Entertainment pertama kali mengirim Super Junior ke Brazil, Argentina, Chili dan Peru untuk tur “Super Show 5”.

Saat ini, semakin banyak artis K-Pop yang menggunakan irama Latin dalam lagu-lagu mereka, misalnya NCT127 dengan "Regular: Irregular", BTS dengan "Airplane Pt.2", dan "One More Time (Otra Vez)" dari Super Junior yang dinyanyikan bersama grup asal Meksiko, Reik. GOT7 pun pernah menyertakan versi Bahasa Spanyol dari "Lullaby", lagu utamanya di album "Present: YOU". (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya