Hard News

Puncak Kedatangan Bandara Internasional Yogyakarta Terjadi Hari Ini

Nasional

5 Mei 2021 12:12 WIB

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (Foto: Investorid)

YOGYAKARTA, solotrust.com - PT Angkasa Pura 1 memastikan puncak kedatangan arus mudik di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadi pada hari ini, Rabu (5/5). Tercatat hari ini kedatangan penumpang mencapai 4.089 orang dan keberangkatan mencapai 2.507 orang. Pada hari biasanya rata-rata kedatangan penumpang hanya 1.500 penumpang.

Sedangkan puncak keberangkatan arus mudik terjadi pada Minggu (2/5) lalu dengan jumlah 2.589 orang. Berdasarkan pemantauan dari 2 April hingga hari ini, grafik kedatangan cenderung selalu naik sejak 28 April. Mayoritas penumpang baik kedatangan maupun keberangkatan berasal dari Jakarta.



“Penumpang datang dari berbagai daerah ke Yogyakarta. Kami sudah antisipasi bagaimana pengetatan dokumen-dokumen persyaratan karena kami menjamin orang yang datang ke Yogyakarta sudah bebas COVID-19.  Dokumen mereka sudah divalidasi petugas,” kata Agus Pandu Purnama, Penjabat Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Rabu (5/5).

Untuk mendukung kebijakan pemerintah yang melarang mudik lebaran 2021, Bandara Internasional Yogyakarta akan mengurangi jam operasional dari 12 jam hanya menjadi 5 jam, yakni pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Dilansir oleh Antara, sejumlah maskapai juga tidak beroperasi sepenuhnya, seperti Garuda Indonesia yang hanya melayani satu kali penerbangan per hari untuk rute Jakarta.

“Selain itu maskapai Citilink hanya beroperasi tanggal 9, 11 dan 15 Mei saja. Maskapai yang lainnya menyesuaikan, untuk saat ini mereka masih stand by dan kemungkinan no operation. Pada intinya jam operasional bandara dikurangi, hanya untuk penerbangan kargo tetap kita layani.” tambahnya.

(zend)