Serba serbi

7 Destinasi Terfavorit Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Melancong Di Bandung Barat

Wisata & Kuliner

30 April 2021 11:37 WIB

Solotrust.com - Tiap sudut Kota Bandung memiliki keistimewaan masing-masing bagi para pelancong yang hobi berwisata di kota maupun yang bernuansa alam termasuk Gunung Tangkuban Perahu. Berbagai destinasi di Bandung tersaji dengan menawan dan memanjakan mata baik yang sudah dikelola atau yang masih dalam pengembangan.

Salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat plesir ke Tempat Wisata Bandung Barat. Bagi kamu yang gemar berwisata dengan nuansa alam, Bandung Barat memiliki ratusan tempat wisata yang sangat apik. Penasaran apa saja destinasi yang wajib dikunjungi? Simak 7 Destinasi wisata terfavorit di Bandung Barat berikut ini:



  1. Curug Malela


Curug Malela sering disebut sebagai Niagara-nya Bandung Barat. Curug ini merupakan curug terbesar di wilayah Bandung Barat yang terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Meski tak sebesar Niagara yang sesungguhnya, Curug Malela terbentang dengan lebar 50 meter dan tinggi hingga 70 meter.

Destinasi ini tentu tidak dapat diakses dengan mobil, sehingga pengunjung membutuhkan sedikit usaha dengan menaiki sepeda motor dan berjalan kaki untuk menikmati keindahannya. Kendati demikian, pemandangan menuju Curug Malela juga menyuguhkan keindahan yang mampu memanjakan mata.

2, Orchid Forest


Terletak di ketinggian 1.500 Mdpl, Orchid Forest menyajikan suasana pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi dengan cuaca dingin dan hawa sejuk yang menyegarkan badan. Disini, pengunjung dapat menjumpai berbagai macam jenis tanaman anggrek yang dilestarikan. Tak heran jika Orchid Forest sering dijadikan objek wisata edukasi.

Orchid Forest sendiri terletak di Jalan Tangkuban Parahu Raya, Km 8. Sehingga akses menuju tempat ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan darat.

3. Sungai Cikahuripan


Sungai Cikahuripan menyajikan eksotisme sungai dengan batuan-batuan yang tersebar disekitar sungai. Selain Airnya yang sangat bersih, dua buah tebing yang menjulang mengapit sungai ini menjadikan Sungai Cikahuripan menyuguhkan pemandangan bak Green Canyon.

Akses menuju Sungai ini tidak terlalu sulit, hanya saja jalan yang harus ditempuh masih berupa batu-batuan. Lokasi Sungai eksotis ini berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

4. Curug Ngebul


Kontur wilayah Bandung Barat memang didominasi oleh pegunungan dan dataran tinggi. Tak heran jika terdapat banyak destinasi Curug di wilayah ini. Curug yang tak kalah indah dari Curug Malela adalah Curug Ngebul. Berlokasi di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, curug ini dapat dikatakan masih sangat asri dan jarang terjamah.

Curug Ngebul memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dengan lebar lima meter. Air terjunnya terdiri dari dua tingkat. Air terjun pertama adalah air terjun tunggal, yang alirannya kemudian membentuk air terjun rendah yang melebar. Ini membuat pemandangan di Curug Ngebul menjadi istimewa, terlebih ketika difoto dari kejauhan.

5. Sanghyang Heuleut


Banyak orang bilang Sanghyang Heuleut merupakan tempat pemandian Bidadari. Bagaimana tidak, danau kecil ini menyuguhkan keindahannya yang dikelilingi batuan raksasa disekitar danau. Diketahui, Sanghyang Heuleut tercipta akibat letusan gunung purba ratusan tahun silam.

(wd)