Hard News

FIB UNS Bakal Buka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Jateng & DIY

27 April 2021 14:35 WIB

Universitas Sebelas Maret Solo. (Foto: instagram @unsgo)

SOLO, solotrust.com- Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal membuka Program Studi (Prodi) S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok.

Dekan FIB UNS, Prof. Warto mengatakan, pembukaan Prodi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok tersebut bekerja sama dengan Xihua University.



"Pembukaan Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini terinspirasi dari suksesnya Prodi D3 Bahasa Mandarin yang dulu masuk ke FIB tetapi sekarang beralih ke Sekolah Vokasi UNS. Selain itu, dukungan dari Xihua University juga menjadi salah satu alasan Prodi ini dicanangkan berdiri," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

FIB UNS telah menjalin kerja sama dengan Fakultas Sastra dan Jurnalistik, Xihua University, Tiongkok sejak tahun 2018. Salah satu bentuk dukungan kerja sama tersebut berupa tenaga pengajar dari Xihua University, Tiongkok sebagai penutur jati pengajar mahasiswa UNS.

Kerja sama kedua universitas ini semakin kokoh saat didirikannya Pusat Bahasa Mandarin UNS yang berkolaborasi dengan Confucius Institute, lembaga pelatihan bahasa Mandarin internasional di bawah Chinese International Education Foundation yang berkantor pusat di Beijing, Tiongkok.

“Harapannya ke depan mampu menjadi sarana yang baik untuk membangun kerja sama yang semakin erat dengan Tiongkok dan negara-negara yang lain,” imbuh Prof Warto. (awa)

(zend)