Hard News

Lagi! Indonesia Terima 3,8 Juta Vaksin AstraZaneca Gratis

Nasional

27 April 2021 10:45 WIB

Kedatangan Vaksin AstraZaneca di Bandara Soekarno Hatta Senin (26/4) malam. (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, sootrust.com - Pasokan vaksin COVID-19 Indonesia dipastikan terjaga. Pada Senin (26/4) malam, Indonesia kembali mendatangkan vaksin jadi AstraZaneca sebanyak 3,852 juta dosis di Bandara International Soekarno-Hatta Tangerang Banten.  

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin AstraZaneca mengatakan pengiriman batch pertama vaksin AstraZaneca dilakukan pada 3 Maret 2021 sebesar 1,1 juta dosis. Sehingga total Indonesia telah memperoleh 4.965.600 juta dosis vaksin AstraZaneca secara gratis.



“Indonesia menerima batch kedua vaksin dari jalur multilateral yaitu vaksin dari COVAX Facility yaitu vaksin jadi AstraZaneca  sebesar 3.852.000 dosis,” kata Retno.

Pemerintah terus berupaya agar program vaksinasi nasional dapat terus berjalan dengan melakukan diplomasi agar kebutuhan vaksin dalam negeri tercukupi. Dalam upaya tersebut Indonesia menempuh jalur multilateral dan bilateral. Hingga kini jumlah total vaksin yang diterima Indonesia mencapai 67.465.600 dosis.

“Kita juga melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat dan di sana-sini kita melihat terjadinya perlambatan pengiriman vaksin di seluruh dunia. Keadaan baru ini mengharuskan pemerintah Indonesia bekerja lebih keras agar ketersediaan vaksin yang aman bagi rakyat Indonesia dapat tercukupi,” jelasnya.

Indonesia merupakan negara ketiga dengan jumlah pemberian vaksinasi terbesar di Asia setelah Tiongkok dan India.

()