Hard News

Ramadan, Ratusan Rumah di Jateng Dapat Pasang Listrik Gratis

Sosial dan Politik

26 April 2021 20:33 WIB

Ilustrasi (Pixabay)

SEMARANG, solotrust.com – Ratusan rumah di Jawa Tengah (Jateng) akan mendapatkan bantuan pasang listrik gratis selama Ramadan tahun ini. Program ini dilaksanakan oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY, M Irwansyah Putra menuturkan, dalam Ramadan kali ini, pihaknya akan melaksanakan dua program pemasangan listrik gratis, yakni program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), serta Ramadan Berbagi.



“Bulan puasa ini kami ada dua program pemasangan listrik gratis untuk warga tidak mampu di Jawa Tengah, yakni TJSL dan Ramadan Berbagi. Kalau Ramadan berbagi itu dari donasi pegawai PLN Jawa Tengah,” ujarnya usai menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kantor Gubernur, Senin (26/4/2021), dilansir dari Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id.

Secara rinci, program TJSL akan menyasar sejumlah rumah warga tidak mampu. Di antaranya Kabupaten Temanggung 100 pelanggan, Jepara 10 pelanggan, Tegal enam pelanggan, dan Brebes 27 pelanggan. Sedangan program Ramadan Berbagi, di antaranya Kota Surakarta 48 pelanggan, Kabupaten Kendal 50 pelanggan, Kota Semarang 35 pelanggan.

“Untuk pelaksanaan direncanakan pada minggu I bulan Mei 2021,” paparnya.

Sementara, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, program tersebut untuk warga Jawa Tengah terutama yang tidak mampu.

“Kita akan sinkronkan dengan program Pemprov Jateng. Ini bagian dari aksi sosial, apresiasi sekali. Nantinya masyarakat bisa terang rumahnya, bisa dipakai beraktivitas belajar, mengaji, baca Al-Qur’an atau tadarusan. Apalagi ini bulan Ramadan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berpesan kepada PLN untuk menyediakan complain handling. Hal itu menyusul adanya komplain dari warga di Kabupaten Magelang, beberapa waktu lalu.

“Saya juga titipkan agar ada complain handling. Kemarin ada warga Magelang komplain ke saya dan saya teruskan, akhirnya langsung diselesaikan hari itu juga. Nah, PLN bisa melakukan hal serupa, kecepatan responnya. Saya minta complain handle plus di Jawa Tengah. itu bisa meng-handle telephone dan juga langsung mendatangi. Itulah kepuasan pelanggan,” tandasnya.

(and_)