Hard News

Menyentuh! Pesan Inspiratif Sri Mulyani di Hari Kartini

Nasional

21 April 2021 10:54 WIB

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Foto: Instagram @smindrawati)

Solotrust.com - Setiap 21 April, Bangsa Indonesia selalu memperingati hari kelahiran RA Kartini, salah seorang pahlawan wanita yang dianggap ikut memperjuangkan pendidikan kaumnya.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam akun Instagramnya mencuplik salah satu surat dari Raden Ajeng (RA) Kartini yang ditujukan kepada N.v.Z dan dimuat dalam Kolonial Weekbland tertanggal 25 Desember 1902. Surat itu berisi pemikiran dan perjuangan serta harapan Kartini agar wanita juga dapat naik derajatnya.



"Tolonglah kami untuk membebaskannya dari beban berat yang diletakkan di atas bahunya oleh adat lama turun temurun. Tolonglah kami untuk menaikkan derajatnya, untuk menjadikan perempuan dan ibu sejati agar lebih siap menjalankan kewajiban yang besar. Kewajiban yang ditetapkan oleh ibu alam sendiri kepada perempuan, yaitu pendidik pertama umat manusia!" Demikian isi penggalan surat Kartini yang ditulis kembali akun Instagram @smindrawati, Rabu (21/04/2021).

Bagi Sri Mulyani, pemikiran dan perjuangan Kartini bukan semata hanya untuk kaumnya di masa lalu saja, namun juga bagi para wanita saat ini maupun di masa mendatang.

"Perjuangan dan pemikiran RA Kartini membuka kesempatan bagi perempuan generasi ibu saya, perempuan generasi saya, dan perempuan generasi yang akan datang untuk dapat menikmati pendidikan hingga jenjang tertinggi. Sehingga perempuan dapat ambil bagian dalam membangun peradaban, dalam pendidikan anak-anaknya, dan ikut memajukan bangsanya." tulis akun Instagram milik Sri Mulyani.

Tak lupa, wanita yang pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengucapkan selamat memperingati Hari Kartini. Ia juga mengajak untuk senantiasa menjaga api semangat juang Kartini untuk Indonesia yang beradab, bermartabat, berpendidikan, adil, dan makmur. (dd)


(end2021)