Hard News

BMKG Prakirakan Hujan Lebat Di Beberapa Wilayah Indonesia

Nasional

21 April 2021 09:32 WIB

ilustrasi prakiraan cuaca. (Foto: BMKG)

Solotrust.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Informasi yang dikumpulkan Solotrust.com dari laman resmi BMKG, daerah-daerah yang berpotensi mengalami cuaca tersebut diantaranya Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua.



Sedangkan daerah Jawa Barat berpotensi hujan disertai kilat/petir dalam durasi singkat diprakirakan terjadi di sore hari.

BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi 2,5 – 4 meter di Samudra Hindia Barat Enggano hingga Selatan Jawa Timur dan Samudra Pasifik di utara Halmahera bagian utara.

Gelombang tinggi tersebut merupakan dampak dari Siklon Tropis Surigae yang terpantau di perairan timur Filipina.

BMKG menghimbau untuk memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal fery dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau pesiar.

BMKG juga menghimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di kawasan pesisir yang berpeluang gelombang tinggi untuk selalu waspada.

(zend)