Senin , 17 Mei 2021

Film You and I Gelar Nobar dan Diskusi Bareng Sutradara

19 April 2021 17:31 WIB


Suasana pemutaran film You and I karya sutradara Fanny Chotimah (Foto: Instagram-@kawankawanmedia)

Solotrust.com - Setelah keliling beberapa daerah dan negara serta diputar di platform digital, film dokumenter You and I bersama sang sutradara, Fanny Chotimah menyapa Soloraya.

Pemutaran dan diskusi bersama sutradara film You and I dilaksanakan pada Minggu (18/04/2021) di Studio XXI The Park Solo Baru.



Pemutaran ini terselenggara atas kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru dengan Yayasan Kembang Gula.

Film You and I garapan Fanny Chotimah, sutradara wanita yang tinggal dan menetap di Kota Solo ini berhasil meraih beberapa penghargaan. Ia pernah menyabet penghargaan sebagai Film Terbaik di Asian Perspective, 12th DMZ International Documentary Film Festival, Film Dokumenter Panjang Terbaik, Festival Film Indonesia 2020 untuk kategori Dokumenter Panjang Terbaik, dan juga meraih penghargaan di Piala Maya 2020.

Film You and I bercerita tentang dua wanita sudah berumur, Kusdalini dan Kaminah. Keduanya merupakan bekas tahanan politik (Tapol) 1965. Seusai bebas, keduanya hidup bersama dan saling membantu.

Dalam film ini, penonton diajak memasuki ruang-ruang kehidupan nyata kedua wanita yang sudah memasuki usia senja usai keluar dari penjara.

Budayawan sekaligus maestro tari, Sardono W Kusumo yang turut hadir dalam pemutaran siang itu, mempunyai pendapat tentang film You and I.

"Film ini mendekatkan kita pada kenyataan hidup," ungkap Sardono dalam sesi diskusi, memberikan tanggapan usai menyaksikan pemutaran film You and I.

Sardono menambahkan, penonton diajak berimajinasi tentang kehidupannya masing-masing. Selain itu, ia juga mengungkapkan kedua tokoh dalam film dokumenter You and I mewakili kemanusiaan yang besar.

"Kemanusiaan itu indah, tidak sekadar algoritma," tandas Sardono kemudian.

Sementara itu, Fanny Chotimah yang juga hadir pada pemutaran film You and I menuturkan, pertemuannya dengan Mbah Kus dan Mbah Kam bermula dari hanya ingin mendengarkan kisah hidupnya, tanpa mempunyai pikiran untuk membuat film.

"Pertemanan kami terjalin sangat alami. Kali pertama bertemu hanya ingin mendengarkan kisah dari Mbah Kam dan Mbah Kus," kata ibu dua anak ini, menceritakan awal pertemuannya dengan kedua tokoh yang diangkat.

Dalam acara pemutaran itu, selain Fanny Chotimah, turut hadir produser film You and I Amerta Kusuma serta dari kawan-kawan media yang memproduksi film You and I. (dd)

(end2021)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com