Kamis , 13 Mei 2021

Unik! Miniatur Masjid dari Rengginan Semarakkan Ramadan di Solo

17 April 2021 13:31 WIB


Miniatur masjid dari rengginan di lobi The Sunan Hotel Solo (Dok. solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Dekorasi bernuansa Arabian menghiasi perhotelan saat Ramadan tiba. Seperti tampak di The Sunan Hotel Solo, pihak manajemen secara kreatif menampilkan dekorasi Ramadan berupa miniatur masjid terbuat dari rengginan. Dekorasi ini diletakkan di tengah lobby lounge hotel.

General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari menjelaskan, miniatur masjid ini terinspirasi dari masjid-masjid di Jawa sehingga ada bentuk limasan. Selain itu, bahan baku rengginan dipilih karena mengingatkan suasana Lebaran di kampung halaman yang biasanya ada suguhan rengginan.



"Kami terinspirasi untuk bisa menjadikan sebuah miniatur masjid itu berbahan baku rengginan dengan diameter 200 cm dan ketinggian 180 cm. Ini memang yang terbesar yang pernah kami buat karena setiap tahun kami rutin membuat berbagai ragam kreativitas untuk menyemarakkan Ramadan dan menyambut datangnya hari yang Fitri," terangnya pada media baru-baru ini.

Miniatur masjid ini terinspirasi dari atap Limasan Masjid Agung Soloraya dan gerbang Masjid Syekh Zayed, Uni Emirat Arab yang ada di Gilingan Solo. Rengginan sendiri adalah makanan sejenis kerupuk tebal dari beras ketan berbentuk bulat. Camilan ini memiliki rasa gurih dan renyah. Masyarakat Indonesia, khususnya Jawa biasa menyajikannya saat Lebaran.

Miniatur masjid ini dikerjakan tim Art & Pastry The Sunan Hotel Solo, dipimpin Executive Sous Chef Boedi Prasetyo selama tujuh hari dan disusun dengan lem berbahan white chocolate. Miniatur masjid akan dipamerkan selama sebulan hingga Idulfitri.

Tak hanya miniatur masjid dari rengginan, The Sunan Hotel Solo juga menempatkan sebuah bedug raksasa di teras lobi untuk menyemarakkan Ramadan kali ini.

Menurutnya, pihak hotel selalu menampilkan ikon Ramadan atau hari-hari besar lain untuk keperluan dekoratif, menyambut tamu, serta agar tamu dapat mengabadikan kenangan.

"Biasanya ikon-ikon tersebut dipakai untuk mereka selfie atau foto, sehingga pulang dari Kota Solo atau hotel ini mereka bisa membangun kenangan atau tentang kampung halamannya," ujarnya. (rum)

(end2021)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com