Kamis , 13 Mei 2021

Bandara Adi Soemarmo Siapkan Fasilitas Tes GeNose

16 April 2021 09:41 WIB


Tes GeNose di Bandara Hang Nadim Batam. (Sumber: bpbatam.go.id)

SOLO, solotrust.com - Bandara Adi Soemarmo berencana menyediakan fasilitas tes GeNose guna mempermudah para penumpang yang ingin bepergian, meski masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Untuk Adi Soemarmo memang nanti direncanakan pemakaian GeNose itu akhir April, tapi untuk kepastian tanggal dan simulasinya akan kami kabari," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi pada solotrust.com, Kamis (15/04/2021).



Saat ini pihaknya masih terus melakukan monitor untuk pemasangan dan pelaksanaan simulasi tes GeNose di bandara yang terletak di Kabupaten Boyolali.

"Kami masih monitor terus perkembangannya, mau dipasang kapan peralatannya sama simulasinya tanggal berapa pastinya," ungkap Danardewi.

Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan SE No. 12/2021, mulai 1 April 2021 terkait pelaksanaan tes GeNose untuk seluruh moda transportasi.

Penggunaan GeNose C19 atau alat deteksi dini Covid-19 berbasis embusan napas hasil produksi dalam negeri ini akan diperluas pada seluruh moda transportasi. Hal ini sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri di tengah masa pandemi Covid-19.

SE bertujuan meningkatkan penerapan protokol kesehatan dalam kebiasaan baru bagi terciptanya kehidupan produktif dan aman Covid-19; mencegah peningkatan penularan Covid-19, serta melakukan pembatasan pelaku perjalanan pengguna moda transportasi udara, laut, kereta api, dan darat.

Sejauh ini, moda transportasi kereta api telah menyediakan fasilitas tes GeNose di sejumlah stasiun. (rum)

(end2021)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com