Sabtu , 15 Mei 2021

Waspada Hujan Lebat di Sebagian Wilayah Indonesia Hari Ini

15 April 2021 09:52 WIB


ilustrasi. (Foto: ANTARA/Jojon)

JAKARTA, solotrust.com - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat di sebagian besar wilayah Indonesia, Kamis (15/4). Diperkirakan prakiraan cuaca tersebut terjadi pada siang hingga sore hari.

BMKG memprediksi wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat diantarannya  Wilayah Indonesia Barat meliputi  Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali



Kemudian wilayah Indonesia Tengah meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Sedangkan di wilayah Indonesia Timur meliputi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Dilansir dari antara, BMKG juga menghimbau masyaraka untuk mewaspadai gelombang tinggi hingga enam meter yang berpotensi di perairan Samudra Pasifik utara Papua dan Papua Barat.

“Potensi gelombang dengan kategori sangat tinggi 4 – 6 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Samudra Pasifik utara Papua,” ujar Kepala Pusat Meterologi Maritim, Eko Prasetyo.

Gelombang tinggi tersbut diperkirakan juga terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 14 – 16 April.

Terkait Siklon Tropis Surigae,diprediksi berkembang menjadi badai siklon tropis kuat bahkan dapat topan pada 16 April. Bibit Siklon Tropis 99W yang ada di utara Papua telah berkembnag menjadi Siklon Tropis Surigae yang bergerak kea rah barat daya mendekati wilayah Filipina.

(zend)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com