Sabtu , 15 Mei 2021

Tips Cara Menghindari Ketegangan Mata di Ponselmu

12 April 2021 11:31 WIB


Ilustrasi (Dok. Istimewa)

Solotrust.com - Di saat aktivitas kita terbatasi dan lebih sering tinggal di dalam ruangan, telepon seluler alias ponsel pastinya akan menjadi salah satu teman setia. Bahkan, smartphone atau ponsel pintar kini diandalkan untuk banyak hal dan sudah menjadi perpanjangan dari diri sendiri.

Namun, tahu nggak Solotrusters, tanpa disadari kita berhadapan dengan layar ponsel terlalu lama sehingga membuat mata jadi gampang lelah dan pedih. Blue light atau cahaya biru dipancarkan layar smartphone dapat berdampak negatif pada mata dan kesehatan kita secara keseluruhan lho.



Nah, dari beragam masalah utama terkait paparan cahaya dari layar ponsel, yang mungkin paling sering kamu alami adalah Computer Vision Syndrome (CVS). Sindrom ini juga dikenal dengan sebutan visual fatigue dan digital eye strain, merupakan sebuah istilah untuk kumpulan gejala berhubungan dengan gangguan mata akibat penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer, seperti laptop, dekstop, handphone, dan tablet.

Gejala yang biasanya menyertai CVS adalah mata lelah atau pegal, penglihatan kabur atau ganda, dan mata merah, kering, atau terasa panas. Bahkan pada beberapa kasus, CVS dapat disertai sakit kepala, leher, pundak, dan punggung.

Pencahayaan sekitar yang buruk, pancaran cahaya dari layar yang menyilaukan, dan posisi duduk saat sedang memainkan smartphone, dapat memicu CVS. Saat menatap layar, mata terus bergerak dari satu titik ke titik yang lain dan melakukan fokus dalam waktu lama. Akibatnya, otot mata bekerja keras untuk fokus.

Penyebab lain, huruf-huruf pada layar komputer atau ponsel umumnya tidak setajam di media cetak, sehingga secara tidak sadar akan memaksa mata kita untuk lebih fokus dalam membacanya. Selain itu, kerlip dan cahaya yang berasal dari layar menambah beban kerja pada mata. Nah, frekuensi mata untuk berkedip cenderung berkurang saat menatap layar sehingga menyebabkan mata menjadi lebih kering.

Banyak cara untuk menghindari efek buruk ini Gengs. Menurut Seqara Communications dalam siaran persnya, Senin (12/04/2021), salah satunya dengan mengubah kebiasaan kamu saat menggunakan smartphone dalam waktu berjam-jam. Sebaiknya, kamu juga membatasi waktu penggunaan gadget, termasuk smartphone.

Saat menggunakan ponsel, sebaiknya kamu sering berkedip agar melembapkan mata selama bekerja. Gunakan cara 20-20-20, yakni mengalihkan pandangan dari layar ponsel setiap 20 menit untuk menatap objek yang berjarak jauh sekitar 20 kaki atau enam meter selama 20 detik, waktu yang dibutuhkan untuk otot mata relaksasi. Sebaiknya, kamu gunakan ponsel di lingkungan dengan pencahayaan cukup terang, posisi duduk tegak atau bersandar, namun tidak sembari tiduran. Jika perlu, gunakan screen filter untuk mengurangi kilatan cahaya dari layar.

Para produsen smartphone saat ini sebenarnya juga sudah memiliki kepedulian dalam mengurangi paparan blue light yang berbahaya bagi mata pengguna. Namun bagaimanapun juga, keep safe and healthy ya, Solotrusters!

(end2021)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com