Kamis , 13 Mei 2021

NCT Pecahkan Rekor Penjualan Album H.O.T Setelah 25 Tahun dengan Resonance

11 April 2021 18:09 WIB


NCT 2020 (Dok. SM Entertainment)

Solotrust.com -NCT memecahkan rekor penjualan album seniornya di SM Entertainment H.O.T setelah 25 tahun dengan album terbarunya "Resonance".

Berdasarkan keterangan akun Twitter @NCTsmtown baru-baru ini, "Resonance Pt. 1" telah terjual hingga 1,5 juta kopi. Jika digabungkan dengan part 2-nya, total penjualan album ini telah mencapai 2,8 juta kopi.



Dengan ini "Resonance" menjadi album asal SM Entertainment terlaris sepanjang masa, mematahkan rekor album "We Hate All Kinds of Violance" dari H.O.T keluaran tahun 1996, yang terjual sebanyak 1,5 juta kopi. H.O.T adalah grup pertama SM Entertainment dan salah satu pelopor di genre itu.

Tahun lalu semua unit NCT yakni NCT 127, NCT DREAM, WayV, dan dua anggota baru yakni Shotaro dan Sungchan, dengan total 23 anggota, merilis proyek super yakni "NCT 2020".

Melalui proyek tersebut, NCT 2020 merilis album bertajuk "NCT 2020: Resonance Pt. 1" pada 12 Oktober 2020 dan dilanjutkan dengan Pt.2 setelahnya. Album ini berisi 12 lagu dengan dua lagu utama sekaligus yakni "Make A Wish" dan "From Home".

Berdasarkan keterangan SM Entertainment via siaran persnya, album ini memiliki arti bahwa NCT akan menggunakan "resonance" (resonansi) untuk bersimpati dengan musik dan menciptakan efek sinergis dan efek riak yang kuat.

Dengan tambahan storytelling organik yang mencerminkan pandangan dunia NCT tentang saling bersimpati melalui "mimpi" dan menyatu dengan "musik", album in diharapkan dapat menghadirkan pesona yang unik.

Sebelumnya proyek seperti ini pernah dirilis SM Entertainment pada 2018 dengan nama "NCT 2018 Empathy", dengan lagu utama "Black on Black". 

"Resonance Pt.1" pun debut di Top 10 chart Billboard 200 pada Oktober 2020. Menurut Billboard, album itu terjual sebanyak 43.000 unit album setara per minggu yang berakhir 22 Oktober, yangmana 40.000 unit berasal dari penjualan album tradisional dan 3.000 dari streaming.

Ini adalah pertama kalinya NCT yang tampil sebagai kesatuan utuh masuk dalam chart itu, kendati salah satu unit grupnya yakni NCT 127 sejauh ini telah mendaratkan tiga albumnya di sana yakni "Regular-Irregular" pada Oktober 2018, "We are Superhuman" pada Juni 2019, dan "Neo Zone" pada Maret 2020.

Paska dirilis, album Resonance juga berhasil memuncaki chart iTunes di 32 negara/region yakni Indonesia, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Chile, Brazil, Selandia Baru, Polandia, Finlandia, Irlandia, Rusia, Hongaria, Australia, India, Hong Kong, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, El Salvador, Kazakhstan, Laos, Oman, Turki, Uni Emirat Arab, Ukraina, dan Peru. Album ini juga memuncaki chart album digital QQ Music di Cina dan Line Music serta Rakuten Music di Jepang. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com