Hard News

Pangeran Philip Mangkat, 41 Tembakan Salvo Iringi Kepergian Duke of Edinburgh

Global

10 April 2021 12:01 WIB

Pangeran Philip (Dok. BBC)

Solotrust.com - Kabar duka datang dari Kerajaan Inggris. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat (09/04/2021) waktu setempat.

Perlu kamu ketahui nih Solotrusters, mangkat dalam usia 99 tahun, sang bangsawan menjadi pasangan terlama penguasa Kerajaan Inggris, yakni 73 tahun. Nah, sebagai wujud hari berkabung nasional, penghormatan dengan senjata akan dilakukan Negeri Tiga Singa guna menandai wafatnya Duke of Edinburgh.



Penghormatan 41 tembakan senjata dilakukan mulai tengah hari ini, Sabtu (10/04/2021), di kota-kota termasuk London, Edinburgh, Cardiff, dan Belfast serta di Gibraltar dan di laut dari kapal perang Kerajaan Inggris.

Kapal Angkatan Laut (AL) Kerajaan, termasuk HMS Diamond dan HMS Montrose, juga akan memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip yang bertugas sebagai perwira AL selama Perang Dunia Kedua dan menjabat sebagai Lord High Admiral.

Penghormatan ini disiarkan secara online dan ditayangkan televisi setempat. Masyarakat Inggris pun diminta menyaksikannya dari rumah.

Istana Buckingham mengabarkan wafatnya Pangeran Philip pada Jumat.

"Dengan kesedihan mendalam, Yang Mulia Ratu mengumumkan kematian suaminya yang tercinta. Keluarga Kerajaan bersama orang-orang di seluruh dunia berduka atas kehilangannya," kata pihak Istana dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC.

Pangeran Charles menggambarkan kehidupan ayahnya, Pangeran Philip, sebagai "pencapaian yang menakjubkan".

Sementara Kepala Staf Pertahanan, Jenderal Sir Nick Carter menyebut Duke of Edinburgh telah menjadi teman baik, inspirasi, sekaligus teladan bagi Angkatan Bersenjata Kerajaan Inggris.

"Sebuah ehidupan yang dijalani dengan baik, Yang Mulia meninggalkan kita dengan warisan semangat tak tergoyahkan, ketabahan, dan rasa tanggung jawab yang tak tergoyahkan," kata Sir Nick.

Penghormatan serupa juga dilakukan untuk menandai wafatnya Ratu Victoria pada 1901 dan Winston Churchill pada 1965.

Selamat jalan Duke of Edinburgh, Pangeran Philip. (and)


(end2021)