Pend & Budaya

3 Prodi UMS Gaet Akreditasi Internasional

Pend & Budaya

7 April 2021 21:31 WIB

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) (Dok. Istimewa)

SOLO, solotrust.com - Tiga program studi (Prodi) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meraih akreditasi internasional versi AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). Ketiga prodi itu, yakni Teknik Arsitektur, Farmasi, dan Keperawatan.

"Kami mendapat kabar hasil akreditasi internasional versi AUN-QA. Kami mengajukan empat prodi, tapi tiga yang sudah lolos. Adapun yang belum lolos Prodi Teknik Sipil," jelas Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, Selasa (06/04/2021).



Ditambahkan, prodi tersebut masih ada beberapa catatan harus diperbaiki. Namun pihaknya yakin dalam waktu dekat Prodi Teknik Sipil akan mendapatkan pengakuan akreditasi AUN-QA.

AUN QA sendiri merupakan salah satu lembaga sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global. Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN.

"Seluruh civitas akademik memanjatkan puji syukur dan terima kasih kepada pimpinan lembaga AUN-QA (Asean University Network) yang telah memberikan sertifikat akreditasi kepada tiga Prodi UMS, yakni Farmasi, Nurse (Keperawatan), dan Arsitektur," imbuh Sofyan Anif.

Ditambahkan, perolehan akreditasi internasional ini tak bisa lepas dari tenaga pendidik dan semua elemen yang sudah membantu dalam mewujudkan UMS meraih prestasi.

"Semoga tiga program studi yang sudah bersertifikat AUN-QA dapat disusul program studi yang lain dan UMS siap menjadi akreditasi unggul,” pungkasnya. (awa)

(end2021)