Entertainment

IU Dominasi Chart Musik dengan Lagu Baru Maupun Lagu Lamanya

Selebritis

6 April 2021 05:58 WIB

IU (Sumber gambar: Instagram IU @dlwlrma)

Solotrust.com-  IU mendominasi  chart musik besar di Korea Selatan dengan lagu-lagu baru maupun lagu-lagu lamanya, dengan mendaratkan lebih dari 16 lagunya di MelON dan Genie pada Sabtu (3/4), sebagaimana dikabarkan Yonhap.

Ada 10 lagu dari album terbarunya "Lilac" yang masuk chart. Selain "Lilac" yang menjadi lagu utamanya, lagu lain yang masuk seperti "Celebrity", "Coin", dan "Hi Spring Bye".



"Hold My Hand", lagu yang ditulis sendiri oleh IU dan dirilis pada tahun 2011 juga masuk di kedua chart itu. Lagu kolaborasinya dengan Suga BTS "Eight" juga masuk chart, hampir satu tahun setelah dirilis. Lagunya "Not Spring, Love, or Cherry Blossoms" yang rilis pada 2014 juga berada di chart.

Seorang pakar budaya pop mengatakan dominasi hit dari masa lalu dan masa kini dari seorang musisi tunggal di chart musik sangat menonjol, dibandingkan dengan kesuksesan boygroup dan girlgroup.

Didukung oleh dukungan terorganisir dari penggemar, grup K-Pop sering menempatkan lagu mereka di posisi teratas di chart, tetapi lagu-lagu itu terkadang turun lebih rendah dalam beberapa hari. Sementara lagu-lagu IU termasuk dari beberapa tahun lalu bisa bertahan di chart cukup lama.

"IU hampir satu-satunya penyanyi yang albumnya didengarkan publik sepenuhnya setelah dirilis dan memilih favorit mereka," kata kritikus musik Jung Min Jae.

Jung juga mengatakan pendengar yang masih remaja dan berusia 20-an mungkin juga memainkan peran besar dalam fenomena ini karena mereka tumbuh dengan mendengarkan musik IU selama hampir satu dekade.

IU sendiri adalah penyanyi pertama dan satu-satunya di Korea yang memiliki 20 lagu berpredikat "Perfect All Kill". Ini adalah jumlah terbanyak dari penyanyi Korea manapun sampai saat ini. Lagu terbarunya "Lilac" yang rilis beberapa waktu lalu menjadi lagu keduapuluhnya yang meraih capaian itu.

"Lilac" meraih all-kill pada 27 Maret dan perfect all-kill pada 29 Maret. Perfect all-kill adalah capaian dimana sebuah lagu berhasil memuncaki semua chart musik besar di Korea Selatan yakni Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, Soribada, ditambah dengan iChart realtime  serta iChart weekly.

Jika sebuah lagu berhasil menempati 6 chart musik besar di Korsel ditambah ichart realtime, maka lagu tersebut dinyatakan All Kill. Namun jika lagu tersebut juga mendapatkan peringkat pertama di iChart weekly, maka dinyatakan Perfect All Kill.

Sebelumnya, lagunya "Celebrity" yang rilis 27 Januari lalu menjadi lagu Korea Selatan pertama yang meraih predikat itu di tahun ini, yakni pada 31 Januari lalu.

IU pertama kali memperoleh predikat Perfect All Kill pada 2010 dengan lagu "Nagging". Sampai saat ini penyanyi lain yang paling banyak mendapatkan predikat itu adalah  BIGBANG dengan lima lagu dan TWICE dengan empat lagu.

Lagu-lagu IU yang meraih Predikat Perfect All Kill itu adalah "Nagging", "Good Day", "The Story Only I Didn't Know", "You&I", "The Red Shoes", "Friday", "My Old Story", "Leon", "Twenty-Three", "Through the Night", "Can't Love You Anymore", "Palette", "Autumn Morning", "BBIBBI", "Love Poem", "Blueming", "Give You My Heart", "Eight", "Celebrity", dan "Lilac". (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya