Rabu , 22 Januari 2020

Tembok Ambruk, Ini Kata Pihak Keraton

15 Januari 2018 09:04 WIB


Tembok Keraton Kasunanan Solo di Langensari RT02 RW01 Baluwarti, Pasar Kliwon atau Barat Sasono Putro, kediaman sang raja, Paku Buwono XIII roboh, Senin (15/1/2018) malam (solotrust-vin)

SOLO, solotrust.com – Tembok Keraton Kasunanan Solo di Langensari RT02 RW01 Baluwarti, Pasar Kliwon atau Barat Sasono Putro, kediaman sang raja, Paku Buwono XIII telah roboh, Senin (15/1/2018) malam. Pihak keraton pun segera memberi komentar atas peristiwa itu.  

“Ya ini dulunya kompleks sentral, pembangkit listrik di sini semua. Ruangan ini untuk alat-alat, tapi sudah lama tidak difungsikan. Tahun 1985 itu menjadi pusat listriknya keraton,” ungkap adik PB XIII Hangabehi, sekaligus Pengageng (pejabat) Sasana Wilapa, GKR Wandansari Koes Moertiyah alias Gusti Moeng, Senin (15/1/2018) malam.



Gusti Moeng mengaku bangunan di Barat garasi kediaman Raja Paku Buwana (PB) XIII itu memang sudah dalam kondisi miring. Namun, pihak keraton belum melakukan renovasi lantaran banyak pertimbangan. Kendati demikian, dirinya berharap bangunan cagar budaya ini bisa segera diperbaiki.

“Sebenarnya sudah keliatan sudah miring, tapi waktu itu belum ada usulan untuk merenovasi. Kalau kita merobohkan tembok juga nggak berani, setelah kejadian ini pasti akan perbaiki,” tandas Gusti Moeng. (vin)

(and)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com