Kamis , 13 Mei 2021

Bidik Pasar Eropa, NAVER Webtoon Diluncurkan dalam Bahasa Jerman

4 April 2021 18:09 WIB


NAVER Webtoon (Dok. NAVER Corp)

Solotrust.com -NAVER Webtoon melebarkan sayapnya ke Eropa. Sebagaimana dikabarkan The Korea Times (2/4), penyedia konten komik tersebut mengatakan telah meluncurkan hingga 20 komik versi Jerman yang telah populer di negara-negara Barat lainnya.

NAVER Webtoon mengatakan komiknya sekarang tersedia di hampir 100 negara dalam 10 bahasa termasuk Inggris, Jepang, Cina, Spanyol, Prancis, dan Indonesia.



Webtoon itu menawarkan serial Korea asli dalam Bahasa Jerman, seperti "The Remarried Empress" dan "Omniscient Reader", serta komik buatan Amerika Serikat seperti "Lore Olympus" dan "Unordinary."

Langkah tersebut dilakukan di tengah ekspansi pasar komik online di Jerman, pasar terbesar di Eropa. NAVER Webtoon telah secara bertahap memperluas layanan bahasa asingnya selama beberapa tahun terakhir, dan menargetkan pasar Eropa sejak 2019 ketika memperkenalkan layanan Bahasa Spanyol dan Prancis.

Januari lalu NAVER mengumumkan akuisisinya terhadap Wattpad, platform novel web asal Kanada. Sebagaimana dilaporkan The Korea Herald, NAVER akan mengambil alih 100 persen saham Wattpad seharga sekitar $600 juta (sekitar Rp8,4 triliun) pada paruh pertama tahun ini.

Wattpad adalah platform online yang memungkinkan siapa saja membaca dan menulis cerita. Dengan lebih dari 90 juta pengguna bulanan yang menghabiskan total 23 miliar menit setiap bulannya, Wattpad adalah platform bercerita sosial terbesar di dunia.

Dikombinasikan dengan Webtoon dari NAVER yang memiliki 72 juta pengguna bulanan, akuisisi tersebut akan memungkinkan NAVER untuk memperluas bisnis konten globalnya dengan cara yang lebih stabil dan efisien.

CEO NAVER Webtoon Kim Jun Koo mengatakan melalui Wattpad mereka mampu memperoleh IP (Intellectual Property) atau kekayaan intelektual tentang storytelling global yang lebih beragam.

 “Dengan bersinergi dengan Wattpad, kapasitas multidimensi IP NAVER Webtoon akan diperkuat, membuat perusahaan selangkah lebih dekat untuk menjadi perusahaan hiburan global terbaik," kata Kim.

Akuisisi ini membuka pintu bagi novel web Korea untuk ditampilkan di Wattpad dan novel Wattpad akan dibuat menjadi webtoon. Wattpad sendiri sangat populer di kalangan Generasi Z, yang mencakup 90 persen penggunanya.

"Seperti bagaimana artis webtoon Korea dapat memulai karir global dan mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui NAVER Webtoon, kami akan membantu artis web novel maju ke panggung internasional," kata Kim.

Sementara itu, sebagaimana dilaporkan Pulse News, sudah ada sekitar 1.500 cerita dari Wattpad yang telah diterbitkan sebagai buku atau diadaptasi untuk film atau acara TV. Dengan memiliki Wattpad, NAVER akan menjadi platform penyampaian cerita terbesar di dunia dengan gabungan 160 juta pengguna konten.

Akuisisi ini juga diharapkan dapat memungkinkan NAVER untuk memperluas kehadirannya dalam bisnis konten global dengan pengguna Wattpad dari berbagai latar belakang budaya termasuk Amerika Utara dan Eropa, dimana keberadaan NAVER lemah di sana, serta 1 miliar konten cerita yang dibuat oleh 5 juta penulis di seluruh dunia.

NAVER Webtoon juga memuncaki chart aplikasi komik di Google Play Store dalam hal keuntungan di lebih dari 100 negara pada tahun 2019. Pengguna aktif bulanan di Line Webtoon dan Line Manga telah mencapai 60 juta, dengan jumlah pengunjung menempati peringkat pertama di pasar aplikasi webtoon tak hanya di Korea Selatan, tetapi juga Jepang, AS, dan negara-negara lain.

Perusahaan itu mengatakan, selama dua tahun terakhir, Line Webtoon AS melaporkan peningkatan rata-rata tahunan sebanyak 71 persen dalam pengguna aktif bulanannya, sedangkan 32 persen untuk Line Manga Jepang. Remaja dan mereka yang berusia 20-an adalah pengguna utamanya.

NAVER Webtoon telah berhasil  menciptakan ekosistem webtoon yang dinamis dari 58 pencipta amatir dan 1.600 seniman profesional. Perusahaan itu telah menggunakan beragam model bisnis yang menghasilkan uang, termasuk konten berbayar, iklan, dan bisnis IP. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com