Serba serbi

UniqueText, Aplikasi Cek Plagiarisme Online Yang Akurat Buatan Indonesia

Teknologi

10 Maret 2021 16:33 WIB

Solotrust.com - Siapa sih yang tidak suka karyanya diplagiat? Saya rasa semua orang tidak akan suka bila hasil karyanya yang dibuat dengan susah payah dengan seenaknya dicopy begitu saja oleh orang lain, apalagi jika tanpa memberikan kredit kepada penulis aslinya. Tapi sayangnya tindakan plagiat ini sudah sangat biasa dilakukan, bahkan dari sejak ratusan tahun lalu. Alasan yang paling umum adalah ‘kemudahan’. Daripada repot-repot bikin baru, tinggal ambil saja milik orang lain dan diakui sebagai milik sendiri.

Alasan kemudahan inilah yang juga mendorong tindakan plagiarisme semakin marak di era sekarang ini. Saat ini segalanya bisa didapatkan dengan mudah. Sangat mudah untuk mendapatkan hasil karya ataupun pemikiran orang lain dengan adanya internet. Google sudah menyediakan semuanya. Ditengah mudahnya tindakan plagiarisme tentunya juga muncul banyak sekali aplikasi cek plagiarisme online di Internet. Sayangnya kebanyakan aplikasi cek plagiarisme online yang tersedia di Internet tidak akurat. Sangat mudah untuk memanipulasi tool-tool tersebut agar tampil sebagai artikel unik padahal sebenarnya mengandung banyak duplikat kontent.



Tool atau aplikasi cek plagiarisme online ini ada yang gratis dan berbayar. Ada yang ditujukan untuk cek tulisan akademis, ada yang difungsikan lebih untuk blogger atau webmaster. Satu hal yang pasti, hindari tool-tool gratis, karena hasilnya tidak akurat. Penulis pernah coba mengganti satu kata di setiap kalimat, lalu saya masukkan di tool-tool gratis ini, dan hasilnya lolos plagiarisme, alias dianggap unik. Wah, kalau semudah itu untuk membuat artikel unik, bayangkan betapa kayanya penulis-penulis artikel yang pakai cara ini. Buat artikel dengan mengganti satu kata di setiap kalimat, lalu diberikan ke klien sebagai artikel unik, dibayar cukup mahal pula. Makanya buat anda yang menggunakan jasa penulis artikel, harus ekstra hati-hati. Jangan mau dibodohi, ingat Google tidak sebodoh itu sehingga tidak bisa membedakan artikel copy paste dan artikel unik.

Aplikasi cek plagiarisme online yang akurat tidak banyak. Yang penulis pernah coba dan memang akurat adalah Copyscape. Tapi produk ini buatan Amerika, jadi kalau mau beli harus pakai dollar, dan harganya pun cukup menguras kantong. Beruntung saat ini tim CovenantLinks.com sudah membuat aplikasi alternatif Copyscape versi lokal, yaitu UniqueText. Tool ini sudah penulis uji sendiri keakuratannya, dan memang tidak salah jika pembuatnya mengklaim sebagai tool cek plagiarisme alternatif copyscape.

Penulis sudah coba memanipulasi tool ini dengan mengambil artikel dari internet, lalu di spin sedemikian rupa agar tampak unik dan enak dibaca. Tapi saat dimasukkan UniqueText masih tetap terbaca sebagai copyan, sementara tool-tool gratis lainnya sudah mengindikasikan artikel tersebut sebagai artikel unik. Aplikasi cek plagiat online ini memang buatan indonesia tapi kualitasnya terbukti sekelas Copyscape. Andapun bisa membelinya dengan rupiah, tanpa harus punya kartu kredit.

Satu lagi yang penulis suka dari UniqueText adalah plugin wordpress yang khusus dibuat untuk anda pengguna blog wordpress. Dengan plugin ini, Anda dapat mengecek artikel anda, langsung dari post editor wordpress. Plugin ini akan menandai bagian-bagian dari artikel anda yang terdeteksi duplikat konten. Jadi anda bisa langsung memperbaiki bagian-bagian yang duplikat tersebut langsung dari post editor wordpress. Fitur plugin wordpress untuk cek plagiarisme ini tidak pernah saya temui di plugin-plugin cek duplikat lainnya. Tentunya ini menjadi nilai tambah buat produk buatan indonesia ini.

Semoga dengan hadirnya aplikasi UniqueText ini, produk Indonesia semakin diakui oleh dunia Internasional.

(wd)