Sabtu , 17 April 2021

Insan Film Surati Jokowi, Minta Bantuan Stimulus dan Subsidi

6 Maret 2021 19:31 WIB


Ilustrasi (Pixabay)

Solotrust.com - Dunia perfilman Tanah Air mengalami pukulan telak akibat pandemi Covid-19. Hal ini menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi para pelaku industri film. Mereka pun menulis surat terbuka ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan tembusan beberapa kementerian terkait.

Surat untuk presiden dibagikan para insan perfilman di media sosial Instagram. Salah satu aktor turut membagikannya ialah Chicco Jerikho, Jumat (05/03/2021). Surat itu diawali dengan salam dan doa agar Presiden Jokowi selalu sehat walafiat yang kemudian langsung menuju topik bahasan.



"Seperti juga sektor industri lainnya, industri film kini juga mengalami pukulan keras di tengah pandemi Covid-19. Puluhan ribu pekerjanya kesulitan bertahan hidup akibat proses pra hingga pascaproduksi yang terhambat," bunyi tulisan surat untuk presiden dari para insan perfilman.

Lewat suratnya, kalangan industri perfilman juga menyoroti nasib bioskop. Menurut mereka, meski telah buka, namun masih sepi karena banyak penonton khawatir datang ke gedung bioskop. Alhasil, karyawan bioskop terancam kehilangan pekerjaan. Belum lagi maraknya pembajakan film turut menyumbang merosotnya minat masyarakat datang ke bioskop.

"Film tidak hanya menyumbangkan kontribusi pada perekonomian, tapi juga memberikan kekuatan nilai pada identitas dan strategi budaya," lanjut isi surat tersebut, tentang peran film yang juga mempunyai andil mengenalkan kebudayaan dalam negeri ke dunia internasional.

Pasar film Tanah Air beberapa tahun belakangan sempat moncer sebelum dihantam pandemi Covid-19.  Para insan perfilman pun berharap hal itu dapat dipertahankan dan dibangkitkan kembali. Mereka juga meminta pemerintah melalui kementerian terkait untuk membantu stimulus, subsidi, serta perlindungan hukum dan kesehatan.

"Dengan bantuan pemerintah Indonesia, kami seluruh insan perfilman Indonesia siap untuk mempertahankan dan menyelamatkan perfilman Indonesia," pungkas isi surat tersebut. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com