Sabtu , 17 April 2021

Pulihkan Pariwisata RI, Sandiaga Uno Gandeng Nadiem Makariem dan Erick Thohir

4 Maret 2021 16:31 WIB


Menparekraf Sandiaga Uno bersama Mendikbud Nadiem Makarim dan Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan keterangan pers (Dok. Instagram @sandiuno)

Solotrust.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus berupaya membangkitkan kembali tempat-tempat wisata yang selama ini lumpuh terdampak pandemi. Sandi mulai menggandeng kementerian lain, melibatkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem serta Menteri BUMN Erick Thohir untuk berkolaborasi roda pariwisata.

"Pertama Borobudur, tadi kami sudah bersepakat untuk pariwisata berbasis pelestarian cagar budaya nanti akan dipandu untuk zona satunya oleh Mas Menteri Nadiem dan Mas Erick akan men-support (mendukung-red) dengan kegiatan yang akan berdampak pada ekonomi rakyat, membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujar Sandiaga Uno kepada wartawan dalam video yang diunggah di akun Instagram @sandiuno, Rabu (03/03/2021).



Selain Borobudur, Sandi juga merencanakan mengangkat pariwisata Raja Ampat serta Labuhan Bajo guna meningkatkan perekonomian warga sekitar. Menanggapi rencana itu, Nadiem Makariem juga akan meningkatkan sarana prasarana untuk pendidikan, mengarah ke pariwisata.

"Satu sisi pendidikan akan menyediakan fasilitas dan peningkatan fasilitas politeknik, universitas maupun SMK yang bisa mendukung pariwisata dan pengembangan ekonomi lokal di daerah-daerah," terang Nadiem Makariem.

Mendikbud menambahkan, nantinya akan dipikirkan pula strategi tentang bagaimana caranya agar statusnya lebih tinggi lagi di panggung dunia sehingga bisa mendukung pariwisata, baik domestik maupun internasional.

Sementara itu, Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan kementeriannya akan bertugas membangum infrastruktur.

"Salah satunya tadi yang kami sepakati bagaimana juga daripada membangun pariwisata di kelautan," kata dia.

Erick Thohir juga menyampaikan, nantinya akan disiapkan infrastruktur, di antaranya di Bali, Benoa, Labuhan Bajo, dan Raja Ampat.

Kolaborasi ini dibutuhkan karena melihat angka penularan Covid-19 sudah menurun. Karenanya diperlukan langkah-langkah konkret untuk kembali menggerakkan laju perekonomian di sektor pariwisata. (dd)


(redaksi)
  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com