Serba serbi

Garena Rilis Roadmap Turnamen Free Fire World Series 2021

Olahraga

2 Maret 2021 13:31 WIB

Free Fire World Series (FFWS) 2019 (Dok. Istimewa/invenglobal)

JAKARTA, solotrust.com - Garena, perusahaan platform internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia, resmi mengumumkan roadmap turnamen internasional untuk gim Free Fire. Hal itu diungkapkan Produser Gim Garena Free Fire Indonesia, Christian Wihananto.

"Terdapat tiga acara berskala internasional pada 2021, yaitu dua edisi turnamen internasional unggulan Free Fire, Free Fire World Series (FFWS) pada April dan November, serta Free Fire All Stars pada Bulan Juli," ungkapnya melalui rilis, Selasa (02/03/2021).



Adanya pandemi global, pada 2020 seri turnamen FFWS sempat diganti Free Fire Continental Series (FFCS) yang mendapatkan animo baik penonton. Namun, pada 2021 FFWS kembali hadir dengan dua edisi sekaligus, digelar dalam dua waktu terpisah, April dan November.

"FFWS edisi April akan dimulai dengan play-ins pada 24 April dan diakhiri dengan final pada 1 Mei," imbuh Christian Wihananto.

FFWS tahun ini digadang akan kembali dengan skala dan produksi lebih besar daripada sebelumnya. FFWS 2019 hanya mencakup sembilan kawasan di Amerika Latin, Eropa, dan Asia. FFWS edisi April akan mempertemukan 22 tim dari 13 kawasan, termasuk Timur Tengah, Pakistan, dan Bangladesh. 

FFWS akan memperebutkan total prize pool sebesar USD 2 juta (sekira Rp28 miliar) yang menjadi angka terbesar dalam sejarah turnamen esports Free Fire.

Menandai kembalinya FFWS, Garena memperkenalkan logo baru, mmenampilkan huruf "W" dan "S" saling terkait sebagai inisial "World Series". Tampak seperti nyala api dari obor menyala, lambang harapan, keberanian, dan kekuatan. Rancangan trofi turnamen juga akan mencerminkan logo FFWS baru.

Menurut Christian Wihananto, turnamen internasional tersebut sebagai komitmen Garena untuk terus meluncurkan konten menarik bagi komunitas Free Fire di seluruh dunia dengan konten esports premium kompetitif.

Garena Indonesia berharap, tim esports dari Indonesia berkesempatan menjuarai ketiga turnamen itu. Ketiga turnamen esports internasional 2021 untuk Free Fire merupakan kelanjutan kesuksesan turnamen tahun-tahun sebelumnya. Bahkan dinobatkan sebagai "Esports Mobile Game of the Year" oleh The Esports Awards 2020.

Turnamen Free Fire Continental Series (FFCS) Asia 2020 lalu berhasil memperoleh lebih dari 2,5 juta Peak Concurrent Viewers (PCV). Free Fire juga menjadi konten game live kedua paling banyak ditonton di YouTube pada 2020 dengan jumlah views untuk gim Free Fire mencapai 72 miliar. 

Free Fire World Series(FFWS) adalah turnamen esports terbesar dan paling ikonik dari Free Fire. FFWS 2019 berhasil memperoleh lebih dari 2 juta peak concurrent viewers (PCV) online. Jumlah itu merupakan rekor dunia untuk pertandingan turnamen mobile esports menurut Esports Charts. (rum)

(redaksi)