Sabtu , 17 April 2021

Pelantikan Pengurus Perhakkas Periode VII Khidmat dan Taat Protokol Kesehatan

26 Februari 2021 15:07 WIB


Pelantikan Pengurus Perhakkas Periode VII

SOLO, solotrust.com- Perhakkas (Perhimpunan Persaudaraan Hakka Surakarta) menyelenggarakan serah terima jabatan Ketua Umum sekaligus pelantikan pengurus baru periode VII di Wisma Hakka, Lojiwetan, Surakarta, pada Kamis (25/2/2021). Proses pelantikan pengurus Perhakkas periode VII dihadiri sekitar 15 partisipan serta berlangsung khidmat dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Ketua Pelaksana Pemilihan Ketua Periode VII, Jerry Suwanto, persiapan pemilihan ketua dan pengurus baru telah dilakukan sejak Maret 2020. Dengan kondisi pandemi, pemilihan terpaksa membutuhkan proses lama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.



"Kami cetak surat suara dan dibagikan ke seluruh anggota Hakka melalui kurir untuk dicoblos seperti Pemilu pada umumnya," ujarnya saat ditemui usai acara Sertijab, Kamis (25/2).

Pembagian surat suara ke sekitar 500 anggota dilakukan melalui kurir. Kemudian setelah dicoblos, anggota mengembalikan surat suara. Pada Rapat Umum Anggota pada 19 November 2020 melalui konferensi panggilan video, Joen Fen terpilih sebagai Ketua Umum Perhakkas periode VII karena mendapatkan lebih dari 280 suara atau 60 persen dari total suara.

Dalam acara pelantikan tersebut dilaksanakan serah terima jabatan dari Ketua Umum periode VI, Wibowo Kusmanto ke Ketua Umum periode VII, Joen Fen. Sertijab ditandai dengan penandatanganan berita acara dan bendera Perhakkas. Sekaligus dilakukan deklarasi kepengurusan Perhakkas periode VII (2021-2025).

Ketua Umum Perhakkas Periode VII, Joen Fen menjelaskan, meski pandemi Covid-19 mengakibatkan gerak terbatas, pihaknya akan terus mencari terobosan untuk membantu terutama sesama anggota dan masyarakat Solo umumnya.

"Untuk pandemi ini kita akan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk vaksin, masker dan berbagai keperluan kesehatan. Kita cari terobosan terus sebab apapun yang terjadi kita harus tetap eksis," terangnya.

Untuk menjalankan program kerja Perhakkas ke depan, pihaknya tetap mengacu pada protokol kesehatan yang sudah digariskan pemerintah. Ia pun berharap adanya solusi agar pandemi segera berakhir.

Sementara itu, Ketua Periode V dan VI Perhakkas, Wibowo Kusmanto, menjabarkan prestasi yang telah diraih Perhakkas di era kepemimpinannya. Antara lain melakukan peresmian gedung Perhakkas pada 12 Oktober 2012, mengadakan Konferensi Pemuda Hakka Indonesia ke-1 di Tawangmangu Karanganyar 19-21 Juli 2013, dan Rakernas ke-III Periode 2 PHIS di Solo 14-15 November 2019. Selain itu, Perhakkas juga selalu berpartisipasi dalam agenda Solo Bersama Selamanya untuk pembagian 10.000 sembako bagi masyarakat Solo.

Menjelang akhir kepemimpinannya, terjadi pandemi Covid-19 sehingga membatasi kegiatan Perhakkas. Pihaknya terpaksa mengalihkan kegiatan yang tadinya tatap muka menjadi secara daring, salah satunya belajar bahasa Mandarin. "Saya berterima kasih atas dukungan pengurus dan anggota sehingga Perhakkas tetap eksis. Untuk pengurus baru saya berharap Perhakkas akan makin maju, berkembang dan kompak," harapnya.

 

Berikut ini susunan Badan Pengurus Inti Perhakkas 2021-2025:

 

Ketua Umum: Joen Fen

Ketua 1: Jerry Suwanto

Ketua 2: Koe U Sing (Bintang Lima Koe)

Ketua 3: Gus Minging Dinamulya

Sekretaris: Santi Stanislausia Liem

Wakil Sekretaris 1: Rudy Harjanto

Wakil Sekretaris 2: Agus Prabowo Sugihanto

Bendahara: Ervin

Wakil Bendahara: Hendro Setiawan

Pengurus Seksi Organisasi: Henry Hudaya

Pengurus Seksi Humas: Utomo Kusmanto

Pengurus Seksi Perempuan dan Kesenian: Liauw Tjen Jun

Pengurus Seksi Pendidikan dan Budaya: Wunadi Hartono

Pengurus Seksi Sosial: Alan Darmasaputra Koeshendro

Pengurus Seksi Pemuda: Andi Kurniawan Subagio

Pengurus Seksi Olahraga: Boedhioko Tjhin Jen Piek. (rum)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com